PENGASUHAN PENUH PERHATIAN DAN STRES PENGASUHAN PADA ORANG TUA DENGAN ANAK USIA 2-6 TAHUN

Litasya Febe Harianto
Maranatha Christian University
Indonesia
Ellen Theresia
Maranatha Christian University
Indonesia

Abstract

Pengasuhan terhadap anak usia 2-6 tahun dapat menjadi tugas yang melelahkan sekaligus membahagiakan orang tua. Berbagai kondisi dalam diri baik ayah maupun ibu sebagai pengasuh dapat mengakibatkan perasaan lelah yang berkepanjangan sehingga mereka mengalami stres pengasuhan. Pengasuhan penuh perhatian dapat membuat kondisi orang tua lebih stabil dalam menghadapi tantangan dalam tugas pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kontribusi pengasuhan penuh perhatian terhadap stres pengasuhan pada orang tua yang mengasuh anak usia 2-6 tahun. Data diperoleh melalui 2 alat ukur, yaitu mindfulness in parenting questionnaire (MIPQ) dan parental stress scale (PSS). Responden adalah 206 orang ayah atau ibu yang memiliki anak usia 2-6 tahun yang diperoleh melalui accidental sampling dengan kriteria terlibat dalam pengasuhan anak. Teknik statistik uji regresi linear sederhana digunakan untuk menguji seberapa besar peran pengasuhan penuh perhatian terhadap stres pengasuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan penuh perhatian berkontribusi signifikan secara simultan terhadap stres pengasuhan sebesar 22.9%. Diikuti oleh aspek mindful discipline dalam pengasuhan penuh kesadaran memiliki kontribusi paling besar terhadap parenting stress. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk meneliti status sosial ekonomi, jumlah anak, pendapatan, karakteristik anak, kepuasan pernikahan, lamanya pernikahan dan dukungan social sebagai mediator terhadap stress pengasuhan.

Keywords
anak usia 2-6 tahun; pengasuhan penuh perhatian; stres pengasuhan; orang tua
References

Benn, R., Akiva, T., Arel, S., & Roeser, R. W. (2012). Mindfulness training effects for parents and educators of children with special needs. Developmental Psychology, 48(5), 1476-1487. https://doi.org/10.1037/a0027537

Bi, X., Yang, Y., Li, H., Wang, M., Zhang, W., & Deater-Deckard, K. (2018). Parenting styles and parent-adolescent relationships: The mediating roles of behavioral autonomy and parental authority. Frontiers in Psychology, 9, 1-13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02187

Black, M. M., Walker, S. P., Fernald, L. C. H., Andersen, C. T., DiGirolamo, A. M., Lu, C., McCoy, D. C., Fink, G., Shawar, Y. R., Shiffman, J., Devercelli, A. E., Wodon, Q. T., Vargas-Barón, E., & Grantham-McGregor, S. (2017). Early childhood development coming of age: science through the life course. The Lancet, 389(10064), 77–90. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31389-7

Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Parenting preschoolers: Can mindfulness help? Mindfulness, 2(4), 282-285. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0071-4

Bogels, S. M., Hellemans, J., van Deursen, S., Romer, M., & van der Meulen, R. (2014). Mindful parenting in mental health care: Effects on parental and child psychopathology, parental stress, parenting, coparenting, and marital functioning. Mindfulness, 5(5), 536-551. https://doi.org/10.1007/s12671-013-0209-7

Brooks, J. (2013). The process of parenting (ninth). McGraw-Hill Higher Education.

Chairini, N. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia prasekolah di posyandu Kemiri Muka. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: UIN Jakarta.

Chung, G., Lanier, P., & Wong, P. Y. J. (2020). Mediating effects of parental stress on harsh parenting and parent-child relationship during. Journal of Family Violence, 1-12.

Cronin, S., Becher, E. H., & Powell, S. (2015). Parents and stress: Understanding experiences, context, and responses. Extension Children, 1(1), 1-19.

Ellis, A. (2006). Rational emotive behavior therapy and the mindfulness based stress reduction training of Jon Kabat-Zinn. Journal of Rational-Emotive and Cognitive-Behavior Therapy, 24(1), 63-78. https://doi.org/10.1007/s10942-006-0024-3

Fuller, J. L., & Fitter, E. A. (2020). Mindful parenting: A behavioral tool for parent well-being. Behavior Analysis in Practice, 13(4), 767-771. https://doi.org/10.1007/ s40617-020-00447-6

Gaspar, T., & Gaspar de Matos, M. (2017). Parenting practices: Parent’s perception of the impact in children psychological wellbeing. SM Journal of Family Medicine, 1(1), 1-6.

Jackson, A. P., & Choi, J. K. (2018). Parenting stress, harsh parenting, and children’s behavior. Journal of Family Medicine & Community Health Cite This, 5(3), 1150.

Kabat-Zinn, J. (2003). Mindfulness-based interventions in context: Past, present, and future. Clinical Psychology: Science and Practice, 10(2), 144-156. https://doi.org/10.1093/clipsy/bpg016

Kumalasari, D., & Gani, I. A. A. (2020). Mengasuh anak usia prasekolah vs anak usia sekolah dasar: Manakah yang lebih menimbulkan stres pengasuhan pada ibu? Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 11(2), 146-160. https://doi.org/10.21107/ personifikasi.v11i2.9102

Kurniasari, A. (2015). Kekerasan versus disiplin dalam pengasuhan anak violence versus discipline in parenting. Sosio Informa, 1(2), 141-159.

McCaffrey, S., Reitman, D., & Black, R. (2017). Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ): Development and validation of a measure of mindful parenting. Mindfulness, 8(1), 232–246. https://doi.org/10.1007/s12671-016-0596-7

Papalia E. Diane. (2021). Experience Human Development, Fourteenth Edition. In McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York, NY 10121. (Vol. 14, Issue 4).

Pontoppidan, M., Nielsen, T., & Kristensen, I. H. (2018). Psychometric properties of the Danish Parental Stress Scale: Rasch analysis in a sample of mothers with infants. PLoS ONE, 13(11), 1-20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0205662

Koentjana, C. P., Abidin, F. A., Purboningsih, E. R., & Elsari, L. (2017). How are parents disciplining their preschool children? Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 58, 117-120. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.19

Saraswati, W., & Febriani, Z. (2018). Hubungan antara mindful parenting dengan gaya pengasuhan pada ibu yang memiliki anak usia 3-6 tahun. Journal Psikogenesis, 6(2), 214-222. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.704

Sharma, M., & Rush, S. E. (2014). Mindfulness-based stress reduction as a stress management intervention for healthy individuals: A systematic review. Journal of Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 19(4), 271-286. https://doi.org/10.1177/2156587214543143

Smetana, J. G. (2017). Current research on parenting styles, dimensions, and beliefs. Current Opinion in Psychology, 15(October), 19–25. https://doi.org/10.1016/ j.copsyc.2017.02.012

Sofyan, I. (2019). Mindful parenting: Strategi membangun pengasuhan positif dalam keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Steele, H., Bate, J., Steele, M., Danskin, K., Knafo, H., Nikitiades, A., Dube, S. R., Bonuck, K., Meissner, P., & Murphy, A. (2016). Adverse childhood experiences, poverty, and parenting stress. Canadian Journal of Behavioural Science, 48(1), 32–38. https://doi.org/10.1037/cbs0000034

Townshend, K., Jordan, Z., Stephenson, M., & Tsey, K. (2016). The effectiveness of mindful parenting programs in promoting parents’ and children’s wellbeing: a systematic review. JBI Database of Systematic Reviews and Implementation Reports, 14(3), 139-180. https://doi.org/10.11124/JBISRIR-2016-2314

van der Oord, S., Bogels, S. M., & Peijnenburg, D. (2012). The effectiveness of mindfulness training for children with ADHD and mindful parenting for their parents. Journal of Child and Family Studies, 21(1), 139-147. https://doi.org/ 10.1007/s10826-011-9457-0

Information
PDF
1139 times PDF : 1026 times