INTEGRASI SERVQUAL DAN MODEL KANO KE DALAM QFD PADA PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PAKET POS DI PT. POS INDONESIA CABANG BENGKULU

Fitri Yanti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu
Indonesia
Trisna Murni
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu
Indonesia

Abstract

PT. Pos adalah perusahaan publik pemerintah yang bergerak dalam bisnis informasi, uang, dan layanan pengiriman paket. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas tingkat layanan paket pos di PT. Pos Indonesia Cabang Bengkulu dan mengetahui kriteria apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dengan menggunakan metode SERVQUAL(Kualitas Layanan), Kano Model dan penyebaran kualitas fungsi. Penelitian ini menggunakan metode gabungan, terdiri dari SERVQUAL(Kualitas Layanan), Model Kano, dan Penyebaran Fungsi Kualitas (Quality Function Deployment/QFD). Informasi yang diperlukan diperoleh dari kuesioner yang didistribusikan melalui kuesioner SERVQUAL dan kuesioner kano kepada pelanggan yang pernah mendapatkan layanan perusahaan. Data yang terkumpul kemudian diproses dengan metode kualitas layanan dan dikelompokkan ke dalam kategori kano kemudian penyebaran fungsi kualitas (PFK) sebagai desain perbaikan. Berdasarkan analisa kuesioner dihasilkan bahwa skor gap Kualitas Layanan -1,02, model Kano diperoleh dua atribut yang diklasifikasikan Attractive (A), 11 atribut diklasifikasikan dalam one dimensional (O) dan sembilan  atribut diklasifikasikan dalam Must-be (M). Berdasarkan analisis matriks rumah kualitas/PFK diperoleh  11 tanggapan teknis yang perlu dilakukan oleh manajemen kantor pos Indonesia yaitu: Peningkatan kinerja melalui training, seminar dan workshop, peningkatan layanan pada pelanggan, penyempurnaan SOP penerimaan dan pengiriman paket, komputerisasi loket/ titik layanan yang terintegrasi secara on-line, pemanfaatan teknologi kode baris (barcode), pengiriman barang dengan sarana jejak lacak (track and trace), peningkatan kinerja standarisasi waktu tempuh kiriman pos, pengembangan jaringan angkutan, peningkatan pengadopsian sistem ISO pada pelayanan pengiriman paket, standarisasi peralatan dan sistem informasi, perluasan titik layanan dengan pola kerjasama.

Keywords
Kano Model Kualitas Layanan; SERVQUAL; QFD
References

Akao, Y., (1990). Quality function deployment: Integrating customer requirements into product design. Translated by Glenn H. Mazur. Productivity Press.

Burhan, Bungin. (2005). Metodelogi penelitian kuantitatif : Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Cohen, Lou. (1995). Quality function deployment, how to make QFD work for you. Addison-Wesley Publishing Company, New York.

Irianty, & Kriswanto, W. (2004) Pemetaan preferensi konsumen supermarket dengan metode Kano berdasarkan dimensi Servqual. Jurnal Teknik Industri, 6(1), 37-46.

Kano, N., K. Seraku, F. Takahashi, & S. Tsuji., (1984). Attractive quality and must-be quality. The Journal of the Japanese Society for Quality Control, 14(2), 39-48.

Matzler, K., Bailom, F., Hinterhuber, H.H., Sauerwein, E. (1996). The kano model: How to delight your customers. Prosiding Austria: International Working Seminar on Production Economics. Vol. I. 313-327.

Pos Indonesia, (2015). Laporan tahunan 2015, www.posindonesia.co.id [09 Desember 2016]

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A, & Berry, L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research, Journal of Marketing, 49(4), 41-50.

Pratiwi, (2010). Perancangan sistem pengukuran kinerja dan pemetaan profil risiko (studi kasus: PT. Pos Indonesia Gresik) (Undergraduate Thesis). Industrial Engineering, ITS Surabaya.

Tan, K.C. and Pawitra, T.A. (2001), Integrating servqual and Kano’s model into QFD for service excellence development. Managing Service Quality, 11(6), 418-430.

Topbrand-award, (2016). Topbrand-award kategori jasa kurir 2014-2016, www.topbrand-award.com [09 Desember 2016]

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. & Gregorius, C. (2011). Service, quality & satisfaction, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.

Zeithaml, V.A & Bitner, M.J. (2003). Service marketing. Tata McGraw-Hill

Yin, Robert K., (2003). Studi kasus desain dan metode. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Information
PDF
1277 times PDF : 2475 times