PENGARUH GENRE MUSIK KLASIK DAN POP TERHADAP MEMORI

Herlina Oktaviani
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia
Asriani Cahya Fitria
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia
Firani Syakirah
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia
Rhava Pandya Aryaputra
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia
Zahra Hanifah
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia
Farhan Zakarriya
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia
Selfiyani Lestari
Universitas Pendidikan Indonesia
Indonesia

Abstract

Daya ingat adalah kekuatan jiwa manusia untuk menerima, menyimpan dan mereproduksikan kesan, pengertian, atau tanggapan terhadap sesuatu. Informasi yang kita terima akan diproses dan masuk ke dalam daya ingat atau memori. Salah satu caranya adalah melalui panca indera pendengaran. Mendengarkan musik menjadi cara beberapa orang untuk memberikan ketenangan serta merangsang dan mampu mengatur kondisi otak untuk berkonsentrasi serta memproses memori. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh genre musik klasik dan pop terhadap memori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain two group posttest only. Subjek dibagi menjadi dua kelompok dengan rincian kelompok diperdengarkan musik klasik pada saat membaca cerita pendek dan kelompok yang diperdengarkan musik pop saat membaca cerita pendek. Subjek dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Psikologi dengan kategori usia dewasa awal. Data dianalisis dengan metode t-test independent sample. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian adalah tidak terdapat perbedaan signifikan dalam memori antara kelompok yang terpapar musik klasik dan kelompok yang terpapar musik pop.

Keywords
Memori; Musik klasik; Musik pop
References

Colman, A. M. (2015). A dictionary of psychology (4th ed.). Great Britain: Oxford University Press.

Colwell, C. M. (1994). Therapeutic applications of music in the whole language kindergarten. Journal of Music Therapy, 31(4), 238–247. https://doi.org/10.1093/jmt/31.4.238

Dharmawan, T. (2015). Musik klasik dan daya ingat jangka pendek pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 370-382.

Dodge, L., & Mensink, M. C. (2014). Music and Memory: Effects of Listening to Music While Studying in College Students.

Elvandari, D. R., & Hermintoyo, M. (2019). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Kenyamanan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Pancasakti Kota Tegal Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 3(1).

Handayani, F., Desyandri, & Mayar, F. (2022). Implementasi seni musik terhadap konsentrasi belajar siswa dan pembentukan karakter di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11370–11378.

Kuwanto., L., & Natalia., J. (2001). Pengaruh terapi musik terhadap keterampilan berbahasa pada anak autistik, Jurnal ANIMA, 16(2), 190-214.

Pratiwi, M., Lubis, T. T., Pangestuti, D., & Aktalina, L. (2022). Pengaruh Musik Klasik terhadap Daya Ingat Jangka Pendek Siswa/i Kelas XI SMA Harapan 1 Medan. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 21(2), 264-272.

Rosidah, C. (2012). Pengaruh musik klasik dan musik pop terhadap kinerja peserta tes matematika: Studi eksperimen kelas X di MAN Mojosari–Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Sari, A. P., & Grashinta, A. (2015). Pengaruh jenis musik terhadap performa kognitif yang menuntut ingatan jangka pendek pada anak-anak usia 7-11 tahun. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 450-460.

Siboro, B. A. H. (2016). Pengaruh Jenis Musik Terhadap Short Term Memory Pada Mahasiswa Pekerja (Studi Kasus Mahasiswa Teknik Industri Universitas Riau Kepulauan) The Influence Of Music Toward Short Term Memory On Workers Student. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 4(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Bandung: CV Alfabeta

Soliha, E. (2013). Desain Eksperimen dalam Penelitian Pemasaran. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 1(1).

Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131-140.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Information
PDF
53 times PDF : 13 times
Article Tools