IKLAN INSTAGRAM ADS DAN SELEBGRAM ENDORSEMENT: MANAKAH YANG LEBIH EFEKTIF MEMPENGARUHI MOTIVASI KONSUMEN?

Billah Ahsanul Karima
orcid http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Indonesia
Aprillia M. Rosdiana
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Indonesia
Panji C. Ramadhan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Indonesia

Abstract

Instagram merupakan salah satu e-commerce yang digunakan untuk kegiatan jual beli dengan mudah. Mayoritas dari konsumen melakukan pembelian dengan pertimbangan yang didapat dari media sosial dan mempengaruhi konsumen mulai dari proses pencarian informasi hingga melakukan kegiatan pembelian. Para pelaku bisnis diharuskan bisa menentukan jenis iklan yang efektif untuk meningkatkan motivasi konsumen agar bisnis tetap bisa berjalan dengan semestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat efektivitas dari kedua iklan dan hubungannya dengan motivasi konsumen. Perhitungan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pengikut akun @_ughgurl dan pernah melihat iklan yang ditampilkan dari akun tersebut kemudian dihitung menggunakan rumus Lemeshow dan David yang menghasilkan 100 responden. Skala yang digunakan yakni EPIC Model dan skala motivasi konsumen. Metode yang digunakan yakni menghitung dua pengaruh variabel yang kemudian membandingkan hasilnya. Penilitian ini menunjukkan bahwa iklan melalui selebgram endorsement dan Instagram ads sangat efektif digunakan, ditunjukkan dengan skor EPIC rate 3.337 untuk selebgram endorsement dan 3.425 untuk instagram ads. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa efektivitas kedua iklan berpengaruh signifikan terhadap motivasi konsumen, ditunjukkan dengan nilai R2 63.4% pada selebgram endorsement lalu 61.6% pada Instagram ads.

Keywords
motivasi konsumen; efektivitas iklan; Instagram ads; selebgram endorsement
References

Arvanitha, S. (2019). Peranan akun Instagram sebagai media promosi dalam peningkatan penjualan usaha kuliner di Kompleks Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar (studi kasus usaha yang terdaftar pada GoFood). Skripsi (tidak dipublikasikan). Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Bestriandita, D., & Widodo, E. (2017). Analisis perbandingan efektivitas iklan menggunakan EPIC model terhadap mahasiswa UII Yogyakarta. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 214-220.

Cannon, J. P., & Dono, S. (2009). Pemasaran dasar 2 & pendekatan manajerial global (16th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Hussain, I. (2020). Impact of celebrity endorsement on consumers’ buying behavior. Journal of Marketing Strategies, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.52633/jms.v2i1.23

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25-34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34

Jashari, F., & Rutsemi, V. (2017). The impact of social media on consumer behavior – Case study Kosovo. Journal of Knowledge Management, Economics and Information Technology, VII(1).

Khatib, F. (2016). The impact of social media characteristics on purchase decision empirical study of Saudi customers in Aseer Region. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50.

Kusumawardani, Q., & Rohmah, W. (2021). Pengaruh endorsement dan Instagram ads terhadap penjualan sport apparel pada online shop @ Bajusport_Id. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357-365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002

Novianto, N., Suprianto, Y. H., Singgih, R. A. P., Jonathan, J., Gunadi, A. H., & Wibisono, Y. P. (2022). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan engagement pada Kedai Bintoro Kopi. GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.24002/giat.v1i2.5975

Olivia, S. (2020). Pengaruh promosi (endorse) selebgram terhadap minat beli konsumen di era digital. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Surabaya: Untag Surabaya.

Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh endorsement selebriti Instagram terhadap minat beli remaja putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347

Lestari, N. P. E. B., Utami, S., & Lestari, P. A. (2020). Endorsment sebagai trend media pemasaran dalam dunia fashion. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 3(1), 2655-4313. http://senada.std-bali.ac.id

Rahmadanti, A. R., Aditasari, K., & Wibawa, B. M. (2021). Efektivitas strategi iklan dengan menggunakan Instagram ads untuk meningkatkan penjualan dan branding produk: Studi kasus Privet.id. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(1), 112-117. https://doi.org/10.12962/ j23373520.v10i1.60335

Ramadan, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai media promosi produk “Rendang Uninam”. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796

Rifandia, F., & Sastika, W. (2018). Studi komparasi: Efektivitas iklan UMKM Wina Supernack melalui media sosial Instagram dan Facebook di kota Cimahi. eProceeding Applied Science, 4(3), 1254-1262.

Sakinah, S. (2018). Selebgram: Meraih popularitas melalui dunia maya. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia, 3(1), 48-71.

Salafudin, M. (2019). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi pada taman baca widya pustaka kabupaten pemalang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 141. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50376/1/SP19060.pdf

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior. New Jersey: Prentice-Hall.s

Shimp, T. A. (2004). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Erlangga.

Suandy, N. (2017). Media sosial pengaruhi perilaku konsumen. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/417437/media-sosial-pengaruhi-perilaku-konsumen

Sukmadewi, A. A., Lukman, L., & Bakar, R. M. (2022). Efektivitas penggunaan selebriti (attractiveness selebriti endorse) melalui media sosial Instagram untuk memengaruhi minat beli produk fashion. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(5), 512–522.

Ulfah, S. M. (2022). Pengaruh celebrity endorser dan promosi produk skincare terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada followers akun Instagram @ dinansaaareal). Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bakti, 1(1), 1-15.

Untari, D., & Handani, S. S. (2022). Endorsement sebagai trend pemasaran modern melalui media sosial pada akun Instagram Awkarin. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Digital, 2(4), 1-10.

Yudha, A. P., & Irawan, A. W. (2022). Analisa iklan melalui fitur Instagram ads terhadap minat beli konsumen frozen food. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 8(1), 55-74. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jimfe/index

Information
Abstract views: 938 times
Download PDF: 508 times