PEMETAAN PETA BAKAT PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNJANI BERDASARKAN 34 PETA BAKAT GALLUP
http://orcid.org/0000-0002-4930-9741
Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
Indonesia
Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai gambaran peta bakat mahasiswa Fakultas Psikologi Unjani, dengan menggunakan Teori 34 Peta Bakat dari Gallup. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Talents Mapping Assesment (TMA) yang terdiri atas 170 pernyataan. Nilai reliabilitas TMA adalah 0.97 dan bukti validitas berdasarkan internal struktur menggunakan teknik CFA first dan second order diperoleh standar loading factor antara 0.4-0.98. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dan diperoleh ukuran sampel 600 mahasiswa. Analisa data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum terdapat 3 bakat dominan yang dimiliki mahasiswa Fakultas Psikologi Unjani, yaitu bakat relator, responsibility, dan includer. Bakat pertama yaitu bakat relator, yaitu seorang yang menikmati hubungan pertemanan yang erat. Bakat kedua adalah responsibility yaitu seorang yang secara moral akan selalu selaras antara kata dan perbuatannya. Kemudian, bakat yang ketiga adalah includer yaitu seorang yang mudah untuk membuka diri terhadap kehadiran orang lain.
Keywords
References
Afniola, S., Ruslana, R., & Artika, W. (2020). Intelegensi dan bakat pada prestasi siswa. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.35673/ajdskv6i1.844
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwiyata. Islamika, 2(1), 161-169. https://doi.org/10.36088/islamika. v2i1.570
Atabik, A. (2018). Pendidikan dan pengembangan potensi anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149. https://doi.org/10.21043/thufula. v2i1.4270
Bassett, R. (2007). Strengthquest: Discover and develop your strengths in academics, career, and beyond. Journal of Psychology and Christianity, 26(1), 82.
Burke, J., & Passmore, J. (2019). Theoretical approaches to multi-cultural positive psychological interventions. Theoretical Approaches to Multi-Cultural Positive Psychological Interventions. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20583-6
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis. New Delhi: Cengage Learning.
Iman, K. (2015). Pengembangan bakat dan minta siswa. Insania, 20(2), 263-274.
Islamadina, E. F., & Yulianti, A. (2017). Persepsi terhadap dukungan orangtua dan kesulitan pengambilan keputusan karir pada remaja. Jurnal Psikologi, 12(1), 33. https://doi.org/ 10.24014/jp.v12i1.3006
Komala, K. (2017). Stimulasi melejitkan potensi, minat dan bakat pada anak usia dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 181-194.
Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat minat siswa. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 61-69.
Marthalita, P., Kismanto, A, & Kusrini, D. E. (2007). Pengukuran bakat berdasarkan faktor-faktor yang membentuk bakat pada pekerja dengan menggunakan structrual equation model. Presentasi (tidak diterbitkan). https://docplayer.info/401886-Asal-usul-strength-approach.html
Meyer, K. (2020). Talents, abilities and educational justice. Educational Philosophy and Theory, 1-11. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.174269
Pallant, J. (2011). SPSS survival manual website. London: Open University Press.
Super, D. E., & Super, C. (2001). Opportunities in psychology careers. New York: McGraw-Hill.
Utama, F. (2020). Survei: 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. https://www.inews.id/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan
Whiston, S. C., Li, Y., Mitts, N. G., & Wright, L. (2017). Effectiveness of career choice interventions: A meta-analytic replication and extension. Journal of Vocational Behavior, 100, 175-174. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2017.03.010