HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP SMARTPHONE PADA MAHASISWA

Masroyani Siregar
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif terhadap smartphone pada mahasiswa.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif.Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan skala harga diri dan skala perilaku konsumtif. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa dengan ciri-ciri subjek, yaitu mahasiswa berusia 18 sampai 24 tahun yang mempunyai smartphone. Metode analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson, diketahui bahwa korelasi harga diri dengan perilaku konsumtif sebesar 0,075 dengan taraf signifikansi 0,229 (p>0,05). Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis ditolak.Artinya tidak ada hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif terhadap smartphone pada mahasiswa.

Kata Kunci: Harga Diri, Mahasiswa, Perilaku Konsumtif, Smartphone

Information
Abstract views: 2644 times
Download PDF: 5618 times