HUBUNGAN KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP MERCHANDISE LIVERPOOL PADA ANGGOTA SUPORTER KLUB SEPAKBOLA LIVERPOOL DI BEKASI

Henky S. Pratama
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Sepak bola di trasnformasikan oleh keseragaman pengaruh sosial dalam sepak bola. Keadaan tersebut menyebabkan sepak bola memberikan tatanan nilai baru sebagai representasi metafora yang meningkatkan pemahaman seseorang akan sebuah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif pada suporter klub sepakbola Liverpool di Bekasi agar dapat meminimalisir terjadinya pemborosan atau berperilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah supporter klub sepakbola Liverpool di Bekasi sebanyak 85 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson (1-tailed) dengan bantuan SPSS 21.0, diketahui nilai koefisien korelasi sebesar (r)= 0,213 dengan nilai signifikan 0,025 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konformitas dengan perilaku konsumtif. Skor negatif menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah yang negatif, artinya semakin rendah skor konformitas, maka semakin rendah pula skor perilaku konsumtif. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.

           

Kata Kunci: Konformitas, Perilaku Konsumtif, Suporter klub sepakbola Liverpool.

Information
Abstract views: 2785 times
Download PDF: 9423 times