EFEKTIVITAS PELATIHAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK JALANAN
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Pelatihan peningkatan penerimaan diri pada anak-anak jalanan adalah proses pendidikan jangka pendek yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir dalam usaha meningkatkan kemampuan anak jalanan dalam memperoleh penerimaan terhadap apa yang menjadi kelemahan dan kekurangannya, juga terhadap kondisi yang sedang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan penerimaan diri pada anak jalanan. Pengujian efektivitas dari penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest dari skala penerimaan diri dan melalui wawancara sebagai penunjang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji beda non parametrik Wilcoxon. Hasilnya diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 (p<0,01) yang berarti terdapat perbedaan tingkat penerimaan diri anak jalanan yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Kesimpulan ini juga diperkuat dengan membandingkan nilai mean penerimaan diri subjek sebelum pelatihan, yaitu sebesar 38,40 dengan nilai mean setelah mengikuti pelatihan, yaitu sebesar 48,47. Selain meningkatkan penerimaan diri, secara umum anak-anak jalanan yang telah mengikuti pelatihan ini menyatakan bahwa pelatihan ini bermanfaat bagi mereka, menimbulkan perasaan positif, yaitu rasa senang, semangat, dan optimis dalam menyambut kehidupan mereka di masa depan.
Kata kunci: Pelatihan, Penerimaan Diri, Anak Jalanan