PENGARUH PERSEPSI KOMPENSASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA MULTI LEVEL MARKETING REPRESENTATIF
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Perkembangan bisnis pun semakin meluas, salah satu bisnis yang tetap bertahan hingga kini yakni bisnis multi level marketing. Kekuatan MLM support system dan koperasi bahwa komitmen termasuk dalam kekuatan dalam menjalankan bisnis multi level marketing. Salah satu faktor meningkatkan komitmen adalah pemberian upah yang sesuai. Selain itu motivasi juga mempengaruhi pada kinerja member multi level marketing sehingga timbul komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi terhadap kompensasi dan motivasi berprestasi terhadap komitmen organisasi pada multi level marketing representative. Partisipan sebanyak 60 orang yang bergabung dengan multi level marketing bidang kecantikan dan kesehatan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi kompensasi terhadap komitmen organisasi pada multi level marketing representative dengan koefisien nilai F sebesar 64,825 (p<0,00) dengan nilai R Square sebesar 0,528. Kedua, Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap komitmen organisasi pada multi level marketing representative dengan nilai koefisen F sebesar 46,367 dengan R Square sebesar 0,444. Ketiga, ada pengaruh persepsi kompensasi dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap komitmen organisasi pada multi level marketing representative dengan nilai koefisien F 0,745 dengan R Square sebesar 0,555. Hal ini menunjukkan bahwa memiliki pengaruh sebesar 55,5% terhadap komitmen organisasi, sedangkan sisanya sebesar 45,5% dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya budaya keterbukaan, kepuasan kerja, budaya organisasi, kepribadian dan sebagainya.
Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Motivasi Berprestasi, Multi Level Marketing Representative, Persepsi Kompensasi