PERBEDAAN KEBAHAGIAAN PADA GURU BERSTATUS PNS DAN HONORER
Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kebahagiaan pada guru berstatus PNS dan honorer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan skala kebahagiaan. Sampel penelitian ini adalah guru PNS dan honorer di Jakarta Timur sebanyak 50 untuk guru PNS dan 50 untuk guru honorer sehingga berjumlah 100 responden dengan teknik puposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan teknik independent sample t-test. Hasil nilai dari independent sample t-test yang diperoleh mean difference sebesar -0,800 dengan taraf nilai signifikansi sebesar 0,692 (p > 0,01), dan t hitung sebesar -0,397 yang artinya hipotesis dalam penelitian ini ditolak, sehingga tidak ada perbedaan kebahagiaan pada guru berstatus PNS dan guru honorer.
Kata Kunci: Kebahagiaan, Status guru PNS, Status guru honorer