KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU SWASTA
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pada guru beberapa sekolah swasta dari yayasan yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di sekolah swasta sejumlah 100 orang yang terdiri dari 42 pria guru swasta dan 58 wanita guru swasta dengan rentang usia antara 18-60 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan adalnya pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pada guru swasta. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan regresi sederhana dapat diketahui bahwa hipotesis diterima dengan nilai R square sebesar 68% adapun 32% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini yaitu, keadilan dan dukungan, nilai-nilai bersama, trust, pemahaman organisasi, keterlibatan karyawan.
Keywords
References
Allen, N. J., & Meyer, J. P. (2004). TCM employee commitment survey: Academic users guide 2004. Western Ontario: Department of Psychology.
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1993). Transformasional leadership and organizational culture. Public Administration Quarterly, 17(1), 112-121.
Budiwibowo, S. (2014). Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional, transformasional dan disiplin kerja guru (karyawan) di kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 119-132
de Vries, M F. R. (2009). Reflections on character and leadership. Chichester: Jossey-Bass.
Duha, T. (2014). Perilaku organisasi. Yogyakarta: Deepublish.
Hartanto, F. M. (2009). Paradigma baru manajemen Indonesia: menciptakan nilai dengan bertumpu pada kebajikan dan potensi insani. Bandung: Mizan.
Helvaci, M. A., & Kilicoglu, A. (2018). The relationship between organizational change cynicism and organizational commitment of teachers. Journal of Educational and Training Studies, 6(11a), 105. doi: 10.11114/jets.v6i11a.3806
Iswandi, I., Hasan, E., Moenek, R., & Kusworo, K. (2019). Influence of leadership characters and culture organizations on effectiveness implementation of pro policy at West Nusa Tenggara province. International Journal of Social Sciences, 76(1), 29-51.
Izzati, U. A., & Mulyana, O. P. (2013). Hubungan kepemimpinan tranformasional dengan komitmen organisasi (studi pada guru SMK). Jurnal Psikologi, 2(5), 12-13
Kesuma, I. G. A. W., & Supartha, I. W. G. (2016). Pengaruh kepemimpinan transformational terhadap komitmen organisasional dengan mediasi organizational citizenship behavior dan kepuasan kerja. E-jurnal Manajemen Unud, 5(6), 3677-3705.
Lamidi, L. (2009). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional dengan variable moderating kepuasan kerja pegawai rumah sakit swasta di PKU Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Ekonomi Kewirausahaan, 9(1). 12-22.
Mariana, L., Ramadhan, Y. A., & Mariskha, S. E. (2019). Hubungan kebersyukuran dan komitmen organisasi pada guru honorer di kota Samarinda. Motiva, 1(2), 42-48.
Maulana, W. R. (2016). Pengaruh tingkat kesejahteraan guru dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru. Tesis (tidak diterbitkan). Surakarta: IAIN Surakarta.
Noordin, F., Rashid, R. M., Ghani, R., Aripin, R., & Darus, Z. (2010). Teacher professionalism and organizational commitment: Evidence from Malaysia. International Business & Economics Research Journal, 9(2), 49-58.
Rahma, I. (2018). Ini 10 alasan mengapa usia 30-an lebih baik daripada usia 20-an. https://womantalk.com/life-hacks/articles/ini-10-alasan-mengapa-usia-30-an-lebih-baik-daripada-usia-20-an-ymZBr
Rizadinata, R. (2013). Hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan komitmen organisasi pada karyawan divisi produksi PT. Gunawan Dianjaya Steel Surabaya. Skripsi (tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Airlangga.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi: Organizational behaviour. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sakina, N. (2009). Komitmen organisasi karyawan pada PT. Bank “X” di Jakarta. Jurnal Psikologi 7(2), 53-62.
Selamat, N., Nordin, N., & Adnan, A. A. (2012). Rekindle teacher’s organizational commitment: The effect of transformational leadership behavior. Procedia Social and Behavioral Sciences, 90, 566-574. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.07.127
Simamora, D. (2017). Kesejahteraan guru swasta jeritan guru bangsa. Diakses dari https://www.hetanews.com/article/73485/kesejahteraan-guru-swasta-jeritan-guru-bangsa
Yuwono, I. (2005). Psikologi industri & organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas AIrlangga