EMPATI DAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap perilaku prososial, pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner serta secara online. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMK yang berjumlah 100 orang. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data dari dimensi empati dan perilaku prososial menunjukan bahwa hipotesis yang berbunyi adanya pengaruh empati terhadap perilaku prososial pada siswa SMK diterima hal ini berarti empati mempengaruhi perilaku prososial secara signifikan. Hasil penelitian ini juga mengungkap bahwa baik empati dan perilaku prososial pada penelitian ini memiliki skor yang berada dalam kategori rendah.
Keywords
References
Andilala, A. (2020) Media pemerintah Kota Pontianak: Tentang peduli Covid 19 SMK Santa Maria bantu APD ke pemkot. AntaraKalbar, 2 Oktober 2021.
Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi, 1(1), 33-42.
Baron, R. A., & Branscombe, N. R. (2014). Social psychology: thirteenth edition. Boston: Pearson Education.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial edisi 10. Jakarta: Erlangga.
Beck, R. C. (1995). Motivation: Theories and principles. New Jersey: Prentice Hall.
Boeree, G. C. (2007). Personality theories. Yogyakarta: Prismasophie
Saputra, T. C. (2016). Pengaruh empati terhadap perilaku prososial pada siswa SMK kelas XI Kriya Kayu SMKN 1 Pacitan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(4), 26-31.
Dayakisni, T., & Hudaniah, H. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.
Istiana, I. (2018). Perbedaan perilaku prososial remaja ditinjau dari jenis kelamin di kelurahaan Tanjung Rejo Medan Sunggal. Jurnal Diversita, 4(1), 58-68.
Kusumaningrum, E., & Dewi, N. K. (2016). Perbedaan perilaku prososial dan self-awareness terhadap nilai budaya lokal Jawa Kabupaten Madiun ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMA Nyai Ageng Basyariyah Kecamatan D. Jurnal Ilmiah Counselia, 6(2), 17-30.
Mahmud, H. R. (2003). Hubungan antara gaya pengasuhan orang tua dengan tingkah laku prososial anak. Jurnal Psikologi, 11(1), 1-11.
Megawati, E., & Herdiyanto, Y. K. (2016). Hubungan antara perilaku prososial dengan psychological well-being pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 132-141.
Mussen, d. (1989). Psychological development: A life span approach. New York: Happer and Rob Publisher.
Purnamasari, A., Fadhila, A., & Ekowarni, E. (2004). Perbedaan intensi prososial siswa SMUN dan MAN di Yogyakarta. Humanitas Indonesian Psychological Journal, 1(1), 32-42
Sarwono, S. W. (2002). Psikologi sosial: Individu dan teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Satoto, P.G. (2014). Hubungan antara empati dengan altruistik pada siswa SMK Bina Patria 2 Sukoharjo. Skripsi (tidak diterbitkan).
Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sears, D. O., Freedman, J. E., & Peplau, L. E. (2004). Psikologi sosial edisi kelima jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sears, D. O., Freedman, J. E., & Peplau, L. E. (1991) Psikologi sosial: Jilid II. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Khan, S. A. (2005). Filsafat pendidikan Al-Ghazali. Pustaka Setia: Bandung
Spreng, R. N., McKinnon, M. C., Mar, R. A., & Levine, B. (2009). The Toronto Empathy Questionnaire: Scale development and initial validation of a factor-analytic solution to multiple empathy measures. Journal of Personality Assessment, 91(1), 62-71.
Staub, E. (1978). Positive social behavior and morality Volume I: Social and Personal Influences. New York: Academic Press, Inc.
Strayer, J., & Roberts, W. (2004). Empathy and observed anger and aggression in five-year-olds. Social Development, 13(1), 1-13.
Tiyas. E. N. (2017). Pengaruh empati terhadap kepedulian sosial pada remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Umayah, A. N., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2017). Pengaruh empati emosional terhadap perilaku prososial yang dimoderasi oleh jenis kelamin pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 72-83.