PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP ACADEMIC BOUYANCY PADA MAHASISWA YANG KULIAH SAMBIL BEKERJA
Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja dihadapkan oleh beberapa tanggung jawab yang harus diselesaikan. Tanggung jawab dalam hal baik secara akademik yang merupakan tanggung jawab utama dan diikuiti oleh tanggung jawab dalam pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecerdasan emosi terhadap academic buoyancy pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini untuk academic bouyancy menggunakan skala Academic Buoyancy Scale (ABS) yang dikembangkan oleh Martin and Marsh dan kecerdasan emosi diukur dengan menggunakan skala Emotional Intelligence Scale (EIS) yang dikembangkan oleh Goleman. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan didapatkan hasil terdapat pengaruh yang sangat signifikan academic buoyancy terhadap kecerdasan emosi pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dengan nilai signifkansi sebesar 0,000 (p ≤ 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Terdapat nilai 52,1% academic buoyancy terhadap kecerdasan emosi dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.
Keywords
References
Abdul, K. (2015). Hubungan antara stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dengan motivasi belajar di mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta : Universitas Bhayangkara.
Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan kecerdasan emosional pada pemilihan strategi coping pada mahasiswa yang bekerja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39-56
Goleman, D. (1995). Emotional intelligence: What it can matter more than IQ. New York: Bantam Books
Goleman, D. (2002). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Helpster. (2017). 4 keuntungan bekerja part time. Diunduh dari https://www.helpster.asia/id/keuntungan-bekerja-part-time/
Hipjillah,A., & Badriyah, N. (2016). Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu; Antara Konsumsi dan Prestasi Akademik (Studi pada Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu di Uno Board Game Café). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).
Martin, A. J. (2014). Academic buoyancy and academic outcomes: Towards a further understanding of students with attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), students without ADHD, and academic buoyancy itself. British Journal of Educational Psychology, Vol. 84, pp. 86–107. https://doi.org/10.1111/bjep.12007.
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2008). Academic buoyancy: Towards an understanding of students’ everyday academic resilience. Journal of School Psychology, 46(1), 53–83. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2007.01.002.
Martin, A.J., Colmar, S.H., Davey, L.A., & Marsh, H., W. (2010). Longitudinal modelling of academic buoyancy and motivation: Do the “5Cs” hold up over time? British Journal of Educational Psychology, 80 (3), 473-496, https://doi.org/10.1348/000709910X486376
Martin, A. J., Yu, K., Ginss, P., & Papworth, B. (2017). Young people’s academic buoyancy and adaptability: A cross-cultural comparison of China with North America and the United Kingdom. Educational Psychology.
Saini, S. (2018). Emotional Intelligence at Workplace-A Conceptual Study. International Journal of Management Studies, 5(3), 53-56.
Sarwar, H., Nadeem, K., & Aftab, J. (2017). The impact of psychological capital on project success mediating role of emotional intelligence in construction organizations of. Journal of Global Entrepreneurship Research, 7(22), https://doi.org/10.1186/s40497-017-0080-4
Thomas, C.L., & Allen, K. (2020). Driving engagement: investigating the influence of emotional intelligence and academic buoyancy on student engagement. Journal of Further and Higher Education, DOI: 10.1080/0309877X.2020.17415