PENGARUH PEMBERIAN KATA YANG MENGANDUNG EMOSI TERHADAP WORKING MEMORY: VISUOSPATIAL SKETCHPAD

Nabilah Cahyani
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Fitria Shabrina Ramadhani
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Hadifah Hevanza
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Giska Rachmantia Eka Putri
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Rajendra Akmal Maulana Frista
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Chandra Yudistira Purnama
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Wilis Srisayekti
Universitas Padjadjaran
Indonesia

Abstract

Memori merupakan kemampuan untuk mengambil kembali informasi atau representasi dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Individu dalam kehidupan sehari-hari lebih cenderung mengingat informasi yang mengandung emosi dibandingkan dengan informasi netral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian kata-kata yang mengandung emosi terhadap working memory mahasiswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental dengan desain between participant posttest-only. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2022 dengan sampel yang diambil sebanyak 108 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol dengan masing-masing 36 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur kata-kata mengandung emosi dan netral yang mengacu pada CEFI (concreteness, emotion, and subjective frequency norms for Indonesian words). Analisis data penelitian menggunakan analisis uji anova untuk melihat perbedaan antar kelompok yang diberi kata bermakna emosi positif, emosi negatif, dan kata netral . Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tiga kelompok tersebut (F(2,105) = [0.657], p = 0.521). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian kata yang mengandung emosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap working memory

Keywords
memory; working memory; emotional words
References

Abbassi, E., Blanchette, I., Ansaldo, A. I., Ghassemzadeh, H., & Joanette, Y. (2015). Emotional words can be embodied or disembodied: the role of superficial vs. deep types of processing. Frontiers in Psychology, 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00975

APA. (2022). APA Dictionary of Psychology. Apa.org. https://dictionary.apa.org/memory

Baddeley, A. D., & Hitch, G. J. (1974). Working memory. In G. H. Bower (Ed.), The psychology of learning and motivation (pp. 47–89). New York: Academic Press.

Baddeley, A. (1998). Working memory. Comptes Rendus de l’Académie Des Sciences - Series III - Sciences de La Vie, 321(2-3), 167–173.doi:10.1016/s0764-4469(97)89817-4

Baddeley, A. D. (2000). The episodic buffer: A new component of working memory? Trends in Cognitive Sciences, 4, 417–423.

Baddeley, A. D. (2006). Working memory: An overview. In S. J. Pickering (Ed.), Working memory and education (pp. 3–31). Burlington, MA: Elsevier

Christensen, L. B. (2007). Experimental Methodology. Pearson/Allyn & Bacon.

Costanzi, M., Cianfanelli, B., Saraulli, D., Lasaponara, S., Doricchi, F., Cestari, V., & Rossi-Arnaud, C. (2019). The Effect of Emotional Valence and Arousal on Visuo-Spatial Working Memory: Incidental Emotional Learning and Memory for Object-Location. Frontiers in Psychology, 10(November), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02587

Fairfield, B., Mammarella, N., Di Domenico, A., & Palumbo, R. (2015). Running with emotion: when affective content hampers working memory performance. International journal of psychology : Journal international de psychologie, 50(2), 161–164. https://doi.org/10.1002/ijop.12101

Farmer, T. A., & Matlin, M. W. (2019). Cognition. John Wiley & Sons, Inc.

Garrison, K. E., & Schmeichel, B. J. (2018). Effects of emotional content on working memory capacity. Cognition and Emotion, 33(2), 370–377. https://doi.org/10.1080/02699931.2018.1438989

Kensinger, E. A., & Corkin, S. (2003). Effect of Negative Emotional Content on Working Memory and Long-Term Memory. Emotion, 3(4), 378–393. https://doi.org/10.1037/1528-3542.3.4.378

Nadhiroh, Y. F. (2015). PENGENDALIAN EMOSI (Kajian Religio-Psikologis tentang Psikologi Manusia), 2. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/284/283

Scott, G. G., O'Donnell, P. J., & Sereno, S. C. (2012). Emotion words affect eye fixations during reading. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 38(3), 783–792. https://doi.org/10.1037/a0027209

Sianipar, A., van Groenestijn, P., & Dijkstra, T. (2016). Affective Meaning, Concreteness, and Subjective Frequency Norms for Indonesian Words. Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01907

Waude, A. (2016, February 23). Emotion And Memory: How Do Your Emotions Affect Your Ability To Remember Information And Recall Past Memories? Psychologistworld.com; Psychologist World. https://www.psychologistworld.com/emotion/emotion-memory-psychology#references

Fakultas Psikologi

Information
PDF
428 times PDF : 342 times