PENGARUH PEMBERIAN KATA YANG MENGANDUNG EMOSI TERHADAP WORKING MEMORY: VISUOSPATIAL SKETCHPAD
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Abstract
Memori merupakan kemampuan untuk mengambil kembali informasi atau representasi dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Individu dalam kehidupan sehari-hari lebih cenderung mengingat informasi yang mengandung emosi dibandingkan dengan informasi netral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian kata-kata yang mengandung emosi terhadap working memory mahasiswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental dengan desain between participant posttest-only. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2022 dengan sampel yang diambil sebanyak 108 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol dengan masing-masing 36 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur kata-kata mengandung emosi dan netral yang mengacu pada CEFI (concreteness, emotion, and subjective frequency norms for Indonesian words). Analisis data penelitian menggunakan analisis uji anova untuk melihat perbedaan antar kelompok yang diberi kata bermakna emosi positif, emosi negatif, dan kata netral . Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tiga kelompok tersebut (F(2,105) = [0.657], p = 0.521). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian kata yang mengandung emosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap working memory
Keywords
References
Abbassi, E., Blanchette, I., Ansaldo, A. I., Ghassemzadeh, H., & Joanette, Y. (2015). Emotional words can be embodied or disembodied: the role of superficial vs. deep types of processing. Frontiers in Psychology, 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00975
APA. (2022). APA Dictionary of Psychology. Apa.org. https://dictionary.apa.org/memory
Baddeley, A. D., & Hitch, G. J. (1974). Working memory. In G. H. Bower (Ed.), The psychology of learning and motivation (pp. 47–89). New York: Academic Press.
Baddeley, A. (1998). Working memory. Comptes Rendus de l’Académie Des Sciences - Series III - Sciences de La Vie, 321(2-3), 167–173.doi:10.1016/s0764-4469(97)89817-4
Baddeley, A. D. (2000). The episodic buffer: A new component of working memory? Trends in Cognitive Sciences, 4, 417–423.
Baddeley, A. D. (2006). Working memory: An overview. In S. J. Pickering (Ed.), Working memory and education (pp. 3–31). Burlington, MA: Elsevier
Christensen, L. B. (2007). Experimental Methodology. Pearson/Allyn & Bacon.
Costanzi, M., Cianfanelli, B., Saraulli, D., Lasaponara, S., Doricchi, F., Cestari, V., & Rossi-Arnaud, C. (2019). The Effect of Emotional Valence and Arousal on Visuo-Spatial Working Memory: Incidental Emotional Learning and Memory for Object-Location. Frontiers in Psychology, 10(November), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02587
Fairfield, B., Mammarella, N., Di Domenico, A., & Palumbo, R. (2015). Running with emotion: when affective content hampers working memory performance. International journal of psychology : Journal international de psychologie, 50(2), 161–164. https://doi.org/10.1002/ijop.12101
Farmer, T. A., & Matlin, M. W. (2019). Cognition. John Wiley & Sons, Inc.
Garrison, K. E., & Schmeichel, B. J. (2018). Effects of emotional content on working memory capacity. Cognition and Emotion, 33(2), 370–377. https://doi.org/10.1080/02699931.2018.1438989
Kensinger, E. A., & Corkin, S. (2003). Effect of Negative Emotional Content on Working Memory and Long-Term Memory. Emotion, 3(4), 378–393. https://doi.org/10.1037/1528-3542.3.4.378
Nadhiroh, Y. F. (2015). PENGENDALIAN EMOSI (Kajian Religio-Psikologis tentang Psikologi Manusia), 2. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/284/283
Scott, G. G., O'Donnell, P. J., & Sereno, S. C. (2012). Emotion words affect eye fixations during reading. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 38(3), 783–792. https://doi.org/10.1037/a0027209
Sianipar, A., van Groenestijn, P., & Dijkstra, T. (2016). Affective Meaning, Concreteness, and Subjective Frequency Norms for Indonesian Words. Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01907
Waude, A. (2016, February 23). Emotion And Memory: How Do Your Emotions Affect Your Ability To Remember Information And Recall Past Memories? Psychologistworld.com; Psychologist World. https://www.psychologistworld.com/emotion/emotion-memory-psychology#references
Fakultas Psikologi