FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Reni Diah Kusumawati
http://www.gunadarma.ac.id
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Syntha Noviyana
http://www.gunadarma.ac.id
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Rr. Dharma Tintri Edi Raras
http://www.gunadarma.ac.id
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Tempat pertama dalam proses pembelajaran dan pendidikan seorang anak adalah keluarga,
dimana pola asuh orang tua dapat mendorong motivasi belajar dan minat belajar anak terhadap
prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar, minat belajar,
dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dalam Indek Prestasi
Kumulatif (IPK). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Strata Satu Jurusan Akuntansi
Universitas Gunadarma, dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 217 responden. Data
dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara keseluruhan motivasi belajar, minat belajar, dan pola asuh orang tua
berpengaruh terhadap IPK mahasiswa.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Minat belajar, Pola asuh orang tua, IPK

Information
Abstract views: 961 times
Download PDF: 205 times