PENGETAHUAN KOMPUTER DAN EFIKASI DIRI PENGGUNAAN KOMPUTER PADA MAHASISWA

Fitrianingsih Fitrianingsih
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia
Quroyzhin Kartika Rini
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Sejak perkembangan teknologi komputer dan informasi yang sangat pesat, penggunaan
komputer dalam pengerjaan tugas adalah hal biasa ditemui, khususnya pada mahasiswa.
Namun demikian, tidak semua mahasiswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang
sama dalam mengembangkan keyakinan pengerjaan tugas tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis kontribusi pengetahuan komputer terhadap efikasi diri penggunaan
komputer pada mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 86 mahasiswa
komputer yang terdiri dari 56 mahasiswa laki-laki dan 30 mahasiswa perempuan, usia 19
sampai 24 tahun dan indeks kumulatif prestasi mahasiswa mulai dari 2.1 sampai di atas 3.5.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat kontribusi antara pengetahuan akan
komputer dengan efikasi diri penggunaan komputer sebesar 42.2%. Hal ini berarti
pengetahuan akan komputer memiliki peran yang penting bagi efikasi diri penggunaan
komputer, sehingga penting bagi mahasiswa untuk mempelajari komputer sejak mulai
menjadi mahasiswa.

Abstract
Since the advanced of computer technology and Information Technology, usually homework
is done with computer, particularly on college students. However, college students do not
have equal computer skill and knowledge in their computer self-efficacy. Therefore the aim
of this research is to measure contribution of computer knowledge to computer self-efficacy
in college students. Participants of this research are 87 college students consist of 56 males
and 30 females in 19-24 years old with GPA range from 2.1 to above 3.5. The result shows
that the contribution of computer knowledge to computer self-efficacy is around 42.2%. This
finding shows that computer knowledge plays important role to computer self-efficacy on
college students, and it is important also

Information
Abstract Tweet
443 times PDF : 236 times