PELATIHAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH UNTUK MENURUNKAN DEPRESI PADA REMAJA PEREMPUAN DENGAN ORANG TUA YANG MENIKAH KEMBALI

Trida Cynthia
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia
Anita Zulkaida
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pelatihan keterampilan penyelesaian
masalah dalam menurunkan tingkat depresi pada remaja perempuan yang mempunyai orang
tua yang menikah kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study)
berupa single case (N = 1) experimental design dengan bentuk quasi experiments. Guna
mengukur tingkat depresi digunakan Beck Depression Inventory (BDI) dan Self Rating
Depression Scale (SDS), dan guna melihat bagaimana subjek menilai keterampilannya dalam
menyelesaikan masalah, digunakan Problem Solving Inventory (PSI) dan evaluasi subjek.
Selain itu juga dilakukan observasi dan wawancara terhadap subjek. Perbandingan antara
skor sebelum dan setelah pelatihan dilakukan untuk melihat perubahan yang terjadi pada diri
subjek. Pelatihan dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
penurunan tingkat depresi, dimana skor BDI sebelum pelatihan adalah 20 dengan diagnosis
depresi rata-rata dan skor setelah pelatihan menjadi 12 dengan diagnosis minimal depression
(tidak ada depresi). Untuk SDS, skor sebelum pelatihan adalah 66 dengan diagnosis depresi
agak berat dan skor setelah pelatihan adalah 60 dengan diagnosis juga depresi agak berat,
namun demikian, skor setelah pelatihan tersebut terdapat pada ambang batas antara
diagnosis depresi agak berat dan depresi ringan. Untuk PSI, sebelum pelatihan diperoleh
skor 70 dengan kategori sedang ke arah rendah, sedangkan setelah pelatihan diperoleh skor
82 dengan kategori sedang ke arah tinggi. Hasil ini juga didukung oleh evaluasi subjek, di
mana subjek menilai keterampilannya dalam menyelesaikan masalahnya sebelum mengikuti
pelatihan dengan skor 2, namun setelah mendapat pelatihan, skornya menjadi 9. Dari hasil
wawancara dan observasi juga dapat disimpulkan bahwa subjek menjadi lebih lega, rileks
dan humoris, serta percaya diri untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya.

Abstract
The aim of the research was to know the effectivity of problem solving skill training to reduce
the depression of adolescent girl who has re-marriage parents. The methode was case studysingle
case (N=1) experimental design with quasi experiments. We used Beck Depression
Scale (BDI) and Self Rating Depression Scale (SDS) to see the changes of depression level. To
see the changes of subject’s problem solving skill we used Problem Solving Inventory (PSI),
subject’s evaluation, observation and interview. We compared the score before and after the
problem solving skill training to see the effectivity of training. The training had been done on
3 meeting. The result, there were reducing of depression in BDI’s score before the training
were 20 (average), after the training the score was 12 (minimal depression or no depression).
For SDS the score before the training was 66 (high depression) and after the training was 60
(high depression), although the diagnosis before and after was the same, but we could see that
there were reducing of score for SDS after the training and made the diagnosis changes to
mild depression and average depression. For PSI, there were changes in before and after
score, before training the score was 70 (mild to negative skill of problem solving) and after
training the score was 82 (mild to positive skill of problem solving), as well as the result to
evaluation from subject to her problem solving skill, before the training the subject scored her
problem solving technic was 2, after the training the subject scored it to 9. The result from the
interview showed that subject was more confidence to solve the problems.

Information
Abstract Tweet
382 times PDF : 192 times