PERANAN KECERDASAN EMOSI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA SEBUAH YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM DI BEKASI

Natalia Konradus, Intaglia Harsanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kecerdasan emosi dan kesejahteraan psikologis terhadap kepuasan kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan subjek berjumlah 80 orang guru yang bekerja pada sebuah Yayasan Pendidikan Islam di Bekasi dengan karakteristik telah bekerja selama minimal 1 tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosi dan kesejahteraan psikologis memberikan peranan secara terpisah masing-masing sebesar 23,6% dan 53,8% terhadap kepuasan kerja. Analisis data secara bersama-sama menunjukkan koefisien nilai F sebesar 53,752 (p<0.01) dengan nila R Square sebesar 0,583. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosi dan kesejahteraan psikologis secara bersama-sama memiliki peranan sebesar 58,3% terhadap kepuasan kerja, sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Kesejahteraan Psikologis, Kepuasan Kerja, Guru.


Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma