KOMITMEN ORGANISASI PADA PETUGAS HALTE TRANSJAKARTA BUSWAY: MENILIK PERAN KECERDASAN EMOSIONAL, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS

Desi Susianti, Wahyu Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi kecerdasan emosional, kualitas kehidupan kerja dan kesejahteraan psikologis terhadap komitmen organisasi pada petugas halte Transjakarta Busway. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, berupa skala komitmen organisasi, skala kecerdasan emosional, skala kualitas kehidupan kerja, dan skala kesejahteraan psikologis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang petugas halte Transjakarta Busway dengan karakteristik yang sudah bekerja minimal 1 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi secara individual dan simultan kecerdasan emosional, kualitas kehidupan kerja dan kesejahteraan psikologis terhadap komitmen organisasi pada petugas halte Transjakarta Busway. Besarnya koefisien nilai F sebesar 35,467 (p<0,00)  dengan nilai R Square sebesar 0,526. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kualitas kehidupan kerja, dan kesejahteraan psikologis secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 52,6% terhadap komitnen organisasi, sedangkan sisanya sebesar 47,4% dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya budaya keterbukaan, kepuasan kerja, budaya organisasi, kepribadian dan sebagainya.

 

Kata Kunci: Kecerdasan emosional,  Kesejahteraan psikologis,  Komitmen Organisasi, Kualitas kehidupan kerja, Petugas halte Transjakarta Busway

Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma