NILAI MOTIVASIONAL PADA WIRAUSAHAWAN

Muhammad Rudi Arifayusa
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
MM. Nilam Widyarini
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Di Indonesia, pilihan menjadi wirausahawan masih sangat diperlukan, namun tidaklah mudah menjadi wirausahawan. Untuk sukses diperlukan karakteristik mental yang tangguh. Di samping itu, nilai-nilai kehidupan juga penting. Berdasarkan pengenalan akan nilai-nilai yang dikukuhi individu ataupun kelompoknya dapat diketahui faktor-faktor positif apa yang ada dalam diri individu atau kelompok untuk dapat mendukung pengembangan perilaku kewirausahaan. Nilai-nilai tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai latar belakang individu, seperti etnis, jenis kelamin, usia dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran nilai motivasional pada wirausahawan dengan latar belakang etnis, jenis kelamin, usia dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan desktiptif-kuantitatif, yaitu menggambarkan sifat-sifat, keadaan dan gejala suatu individu atau kelompok tertentu berdasarkan data statistik diskriptif. Subjek penelitian ini adalah wirausahawan yang berdagang di wilayah Pusat Grosir Pasar Tanah Abang Jakarta. Alat ukur nilai-nilai motivasional yang digunakan merupakan adaptasi dan pengembangan dari Skala nilai-nilai motivasional dari Schwartz, berbentuk skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gambaran hierarki nilai motivasional pada subjek berturut-turut, dari yang tertinggi hingga yang paling rendah adalah conformity, achievement, security, benevolence dan universalism, dan hedonism. Penelitian ini juga mendiskripsikan nilai-nilai motivasional berdasarkan etnis, jenis kelamin, pendidikan, dan usia.

 

Kata Kunci : Wirausahawan, Nilai Motivasional, Etnis

 

Information
PDF Tweet
636 times PDF : 921 times