EFEKTIVITAS CORPORATE ADVERTISING TOKOPEDIA DALAM PEMBANGUNAN BRAND POSITIONING DAN BRAND IMAGE

Herna Herna
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rahmadiana Rahmadiana
Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas periklanan korporat Tokopedia dalam membangun positioning merek dan meningkatkan citra merek, serta dampaknya pada keputusan pembelian. Studi ini melibatkan mahasiswa aktif dari Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana di Kampus Menteng. Sampling nonprobability digunakan untuk mengumpulkan sampel dari 90 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pemodelan persamaan struktural dengan menggunakan alat AMOS 18. Temuan menunjukkan bahwa efektivitas periklanan korporat di Tokopedia mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap positioning merek, citra merek, dan keputusan pembelian. Positioning merek dan citra merek dapat menjembatani pengaruh terhadap efektivitas periklanan korporat Tokopedia terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.

Keywords
Efektivitas; Corporate Advertising; Brand Image; Brand Positioning; Keputusan Pembelian
References

Anggela, N. L. (2024). Kemendag Ramal Transaksi E-Commerce di RI Tembus Rp533 Triliun.

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Dehghani, M., & Tumer, M. (2015). A research on effectiveness of Facebook advertising on enhancing purchase intention of consumers. Computers in Human Behavior, 49, 597–600. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.051

Dharmmesta, B. S. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (B. UGM (ed.)).

Fitriyana, F., Mustafid, & Suparti. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ONLINE SHOP MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING. Gaussian, 2(April), 129–135.

Haryanto, R. (2009). Prinsi-prinsip Periklanan (B. Subakti (ed.)). Gramedia.

Hasan, A. (2008). Manajemen Pemasaran dan Marketing. Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Jatmiko, & Setyawati, R. L. (2019). Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 18–32.

Kencana, M. R. B. (2023). Hasil Survei: Tokopedia Jadi E-Commerce Paling Dicari untuk Belanja Elektronik. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5383054/hasil-survei-tokopedia-jadi-e-commerce-paling-dicari-untuk-belanja-elektronik?page=3

Khan, M. M., & Razzaque, R. (2015). Measuring the Impact of Brand Positioning on Consumer Purchase Intention Across Different Products. Journal of Quality and Technology Management, XI(I), 69–95.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management. Pearson Education.

Lutfie, H., & Marcelino, D. (2020). Creating Online Purchase Decision and Brand Image Based on Advertising Effectiveness With Epic Model. Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 346. https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i3.003

Morrisan, M. (2015). Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st, Cetakan ed.). Grup Prenadamedia.

Muthukumaran. (2013). Brand positioing: a study with reference to national brand soaps across the customers in Trichy. International Journal Of Management Research And Review, 3, 3759–3764.

Niazi, G. S. K. (2012). Effective advertising and its influence on consumer buying behavior. Information Management and Business Review, 4.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.

Rangkuti, F. (2017). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Septianto, F., & Tjiptono, F. (2019). Efek Interaktif dari Daya Tarik Emosional dan Kinerja Lembaga Amal di Masa Lalu terhadap Efektivitas Iklan Amal. JRitel Dan Layanan Konsumen, 50, 189–198.

Siswoyo, H., & Wardoyo, P. (2012). Structural Equation Modeling: Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan Amos 18.00. Intermedia Personalia Utama.

Veyliza, C., & Zulzilah, S. (2023). Jaringan Komunikasi Cyber Public Relation Dalam Meningkatkan Citra Polisi Republik Indonesia (Polri) Melalui Tagar #Profesiuntukmengabdi Di Twitter. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 188–202. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i2.9943

Information
PDF
292 times PDF : 177 times