IDENTIFIKASI JENIS BUAH APEL BERDASARKAN EKSTRAKSI CIRI WARNA DAN TEKSTUR MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN RADIAL BASIS FUNCTION

Rachmat Widyanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
D. Riminarsih
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Identifikasi jenis buah apel secara manual dilakukan hanya berdasarkan pengamatan visual secara langsung pada buah apel dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya. Banyak permasalahan yang muncul ketika proses identifikasi buah apel dilakukan secara manual antara lain tidak akurat dan tidak seragam. Hal itu disebabkan oleh penglihatan manusia mempunyai kelemahan dan keterbatasan terutama yang mempunyai riwayat penyakit buta warna yang menyebabkan proses identifikasi tidak efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini dibuat suatu model untuk mengidentifikasi jenis buah apel berdasarkan ekstraksi ciri warna dan tekstur dengan bantuan komputer yang memanfaatkan pengolahan citra dan metode jaringan syaraf tiruan radial basis function. Identifikasi buah apel dilakukan terhadap 3 jenis buah apel yaitu anna delicious, apel granny smith dan apel royal gala. Aplikasi identifikasi jenis buah apel dilakukan melalui 5 proses yaitu pengumpulan data citra apel, ekstraksi ciri warna dan ciri tekstur data citra apel, melakukan pelatihan data menggunakan jaringan syaraf tiruan radial basis function dan pengujian data. Berdasarkan uji coba yang dilakukan dengan 60 data citra pelatihan dan 45 data citra uji diperoleh tingkat akurasi sebesar 95.56 %.
Keywords
Anna Delicious; Citra; Granny Smith; Jaringan Syaraf Tiruan; Radial Basis Function; Royal Gala
References

Afriadi, Yoyong. 2016. Analisis Struktur dengan Program MATLAB dan FreeMat. Cahaya Atma Pustaka, Yogyakarta.

Agian, D.G., Harahap, L.A., Panggabean, S. 2015. Identifikasi Kematangan Buah Markisa (Pssiflora Edulis) dengan Pengolahan Citra Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. J.Rekayasa Pangan dan Pertanian 3 (3): 365-370.

Deswari, Dila dan Derisma. 2013. ‘Identifikasi Kematangan Buah Tomat Menggunakan Metode Backpropagation’. Skripsi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas.

Setiawan, Herman. 2016. Diakses pada tanggal 31 Juli 2018.

Nurfiriani, Rizka. 2017. ‘Respons Kalus Beberapa Varietas Apel Terhadap Konsentrasi Asam Amino Fenilalanin yang Berbeda Sebagai Prekusor Metabolit Sekunder Quersetin’. Skripsi, Jurusan Agronomi, Universitas Muhamamadiyah Malang.

Suhartini dan Kusbianto. 2013. ‘Identifikasi Varietas Berdasarkan Warna dan Tekstur Permukaan Beras Menggunakan Pengolahan Citra Digital dan Jaringan Syaraf Tiruan’. Skripsi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua.

Warman, Karsadi dan Harahap, Lukman Adlin. 2014. Identifikasi Kematangan Buah Jeruk dengan Teknik Jaringan Syaraf Tiruan. J.Rekayasa Pangan dan Pertanian 3 (2): 248-253.

Wijaya, N., dan Ridwan, A. 2019. Klasifikasi Jenis Buah Apel Dengan Metode K-Nearest Neighbors. Jurnal SISFOKOM 8 (1), Maret 2019: 74-78.

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma

Information
PDF
5651 times PDF : 1955 times