PERAN HEDONIC SHOPPING VALUE, GAYA HIDUP BERBELANJA, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

Haidar Ali
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yusye Milawaty
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying Pengguna Pada E-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan data primer. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji realiabilitas, uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrument kuesioner, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Hedonic Shopping Value secara parsial terhadap Impulse Buying, Shopping Lifestyle berpengaruh secara parsial terhadap Impulse Buying dan Positive Emotion berpengaruh secara parsial terhadap Impulse Buying serta Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle dan Positive Emotion berpengaruh secara simultan Emotion terhadap Impulse Buying Pengguna Pada E-Commerce Shopee.

Keywords
Hedonic Shopping Value; Shopping Lifestyle; Positive Emotion; Impulse Buying
References

Andyta, Kokom, Faizal. (2022). Analysis shopping lifestyle, hedonic shopping motivation and flash sale on online impulse buying. Management Studies and Entrepreuneurship Jurnal, 3(4).

Ghozali I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hursepuny, C, V., & Oktafiani, F. (2018). Pengaruh hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada konsumen shopee_Id. Eproceedings of Management, 5(1).

Junaidi, J. (2010). Tabel F Lengkap. Repository UNJA. Jambi: Universitas Jambi

Junaidi, J. (2010). Tabel t (df= 1-200). E-journal UNJA. Jambi: Universitas Jambi

Junaidi, J. (2015). Tabel r. E-journal UNJA. Jambi: Universitas Jambi

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing (7th ed.). Salemba Empat.

N, T, Rahmawati. (2018). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping life style terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(3).

Negara, A. B. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh atmosfer ritel dan promosi terhadap impulse buying yang dimediasi emosi positif (doctoral dissertation, udayana university).

Pipih Sopiyan & R, Neny Kusumadewi. (2020). Pengaruh shopping lifestyle dan positive emotion terhadap impulse buying. Jurnal ilmiah manajemen,6(3).

R.A.Nurlinda.(2020). Peran positive emotion sebagai mediator hedonic shopping dan shopping life style terhadap impulse buying di Lazada. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis,5(1).

Reni, S, W. (2020). Pengaruh sales promotion, hedonic shopping motivation & shopping lifestyle terhadap impulse buying pada e-commerce shopee. Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen, bisnis & akuntansi,2(2).

R.Rismawati.(2022). Pengaruh store atsmosphere, shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening (Studi kasus konsumen Rabbani di Kota Salatiga) Social Science Studies,2(3).

R.S.Mardhiyah, L.Sulistyawati.(2021). Pengaruh hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel intervening pada e-commerce shopee, Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial dan Politik,1(1).

Santoso, S. (2019). Mahir statistic prametrik dengan konsep dasar dan aplikasi dengan spss. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sucidha, I. (2019). Pengaruh fashion involment, shopping lifestyle, hedonic shopping value dan positive emotion terhadap impulse buying produk fashion pada pelanggan duta mall Banjarmasin. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen,3(1).

Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta,

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H, A. (2020). Pengaruh sales promotion, hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada e-commerce shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144-154.

Zayusman, F.,& Septrizola, W. (2019). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada pelanggan Tokopedia di kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360-368.

http://www.unpas.ac.id/apa-itu-e-commerce/ diakses 5 April 2023.

https://duniafintech.com/shopee-jadi-pilihan-belanja-online-di-tahun-2020/ diakses 15 April 2023.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia/ diakses 27 April 2023.

http://www.gramedia.com/literasi/manajemen-pemasaran/ diakses 26 April 2023.

Information
Abstract views: 12 times
Download PDF: 6 times
Article Tools