FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

Nurjannah Adinitasya
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sulastri Sulastri
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pada masa kini, aktivitas manusia tidak lepas dari yang namanya Smartphone. Smartphone sudah seperti kebutuhan pokok bagi masyarakat saat ini khususnya bagi para remaja. Smartphone dirancang untuk memudahkan hidup. Saat ini banyak sekali bermunculan merek smartphone dengan berbagai model, desain, kualitas dan harga yang cukup bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel persepsi harga, citra merek, kesadaran merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrument kuesioner dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Alat bantu pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek, kesadaran merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung dan variabel persepsi harga secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.

Keywords
Persepsi Harga; Citra Merek; Kesadaran Merek; Kepercayaan Merek; Keputusan Pembelian
References

Aaker, D. A. (2018). Manajemen ekuitas merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dipo Ghulam. (2020). Pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian handphone samsung. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 181-192.

Durianto, D. (2018). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Banda Aceh: Badan penerbit Negeri Ar – Raniry Banda Aceh.

Khayudin, I. R., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh kepercayaan merek, kesadaran merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di DIY. Journal Competency of Business, 6(1), 42-51.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip – prinsip marketing edisi ketujuh. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. Edisi 15. Global Edition United Kingdom: Pearson Edcation.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management, 15th Edition Tujuh. Pearson Education,Inc.

Madeline, S., & Sihombing, S. O. (2019). The impacts of brand experiences on brand love, brand trust, and brand loyalty: an empirical study. Jurnal bisnis dan manajemen, 20, 1-17.

McCharty, E. J., & Perreault Jr., W. D. (2018). Basic marketing: A marketing strategy planning approach. MacGraw – Hill Educations.

Philip, K., & Armstrong, G. (2018). Principle of marketing, Pearson Educational Limited.

Selia, N. (2023). Pengaruh citra merek, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung. Jurnal ilmiah bidang ilmu ekonomi, 2(1), 1-10.

Setyarko, Y. (2017). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian secara online. Jurnal ilmu manajemen advantage, 3(1), 1-10.

Stanton, W. J., Etzel, M.J., & Walker, B.J. (2018). Fundamentals of marketing. McGraw – Hill Education.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuanlitatif dan kuantitatif. Bandung. Alfabeta,18.

Sutisna. (2017). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran. Remaja rosdakarya. Bandung.

Sutiyono. R., & Brata. H. (2020). the effect of Prices, brand images, and after sales service reinforced bar steel products on consumer purchasing decisions of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel. Dinasti International Journal of education management anda social science.

Tarigan, A. S., & Siregar, Z. (2019). Pengaruh harga dan brand trust terhadap keputusan pembelian Oppo smartphone (studi kasus pada Oppo store, synergy celuler Medan). Jurnal PLANS: Penelitian ilmu manajemen dan bisnis, 6(1), 1-10.

Information
Abstract views: 4 times
Download PDF: 4 times
Article Tools