PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, LIVE STREAMING DAN DISCOUNT TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA SHOPEE DARI KALANGAN MAHASISWA

Rabiatus Sakinah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dandy Kurnia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Indah Jauhari
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Orang-orang yang peduli dengan tren fashion terbaru pasti akan sangat memperhatikan penampilan mereka, sehingga membeli pakaian yang terkait menjadi suatu keharusan dan bukan lagi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Live Streaming dan Diskon terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi Universitas Gunadarma yang merupakan Pengguna Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan berhasil mengumpulkan sebanyak 239 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variable Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Diskon berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif, sementara Live streaming tidak berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif dan secara simultan, variable Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Live Streaming dan Diskon berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif. Variabel Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Live Streaming dan Diskon berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif sebesar 45,7%

Keywords
Diskon; Fashion Involvement; Live Streaming; Pembelian Impulsif; Shopping Lifestyle
References

Andriani, M. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Live Streaming Terhadap Repurchase Intention Melalui Impulsive Buying Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee) (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Jakarta).

Chan, G. F., Akhmad, I., & Hinggo, H. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 151-159.

Fitryani, F., Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran impulsive buying saat live streaming pada masa pandemi covid-19 (studi kasus e-commerce shopee). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 542-555.

Hermanto, E. Y. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 11-19.

Jamjuri, J., Ramdansyah, A. D., & Nupus, H. (2022). Pengaruh Merchandising dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Intervening. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(2), 171-181.

Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying (Survei pada pelanggan outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).

Muarti, M., & Kurniawati, T. (2023). Pengaruh Price Discount dan Pendapatan Terhadap Impulsive Buying Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Tenaga Kependidikan Di Universitas Negeri Padang). Jurnal Salingka Nagari, 2(1), 87-96.

Pratiwi, V. J., Efendi, F., Fariz, M., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 391-400.

Umboh, Z., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di Mtc Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144-154.

Wardah, N. A. (2021). Pengaruh gaya hidup berbelanja dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif Avoskin di Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 121-132.

Information
Abstract views: 25 times
Download PDF: 20 times
Article Tools