PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Alya Maajid Ramadita
Universitas Gunadarma
Indonesia
Intaglia Harsanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ati Harmoni
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Stres akademik dapat mengakibatkan mahasiswa tingkat akhir menunda waktu tidurnya hingga larut malam bahkan beberapa mahasiswa tingkat akhir melaporkan sulit untuk memulai tidurnya. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh stres akademik terhadap kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 130 mahasiswa tingkat akhir minimal semester 7 yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji regresi liniear sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,01) Lalu, pada R Square diperoleh nilai sebesar 0,294 yang menunjukkan bahwa stres akademik mempengaruhi kualitas tidur sebesar 29,4% dan sisanya 70,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik atau buruknya kualitas tidur mahasiswa tingkat akhir berkaitan dengan seberapa besar stres akademik yang dialaminya.

Keywords
stres akademik; kualitas tidur; mahasiswa tingkat akhir
References

Alhusseini, N. K., Ramadan, M., Almasry, Y., Atout, M., Hamsho, K., Mahmoud, M., Alnasser, S., & Shakir, S. (2022). Effects of sleep quality on academic performance and psychological distress among medical students in Saudi Arabia. Health Scope, 11(2), 1-7. https://doi.org/10.5812/jhealthscope-123801

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 5(1), 40-47.

Apreliza, S. (2022). Hubungan stres akademik dengan kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir program A S1 fakultas keperawatan Universitas Andalas. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Awan, K. K., Farooq, M. T., Farooq, P., & Tarar, M. Y. (2018). The sleep quality using Pittsburgh sleep quality index. Pakistan Journal of Neurological Sciences (PJNS), 13(2), 17-21. https://ecommons.aku.edu/pjns/vol13/iss2/7

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan: Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET), 5(3), 143-148. https://doi.org/10.29210/119800

Becker, S. P., Jarrett, M. A., Luebbe, A. M., Garner, A. A., Burns, G. L., & Kofler, M. J. (2018). Sleep in large, multi-university sample of college students: Sleep problem prevalence, sex differences, and mental health correlates. Sleep Health, 4(2), 174-181. https://doi.org/10.1016/j.sleh.2018.01.001

Berman, A., Snyder, S., & Frandsen, G. (2022). Kozier & erb’s fundamentals of nursing: Concepts, process, and practice (11th Ed. Global Edition). Pearson Education Limited.

Busari, A. O. (2014). Academic stress among undergraduate students: Measuring the effects of stress inoculation techniques. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 599-609. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27p599

Buysse, D. J., Reynolds Ill, C. F., Monk, T. H., Berman, S. R., & Kupfer, D. J. (1989). The Pittsburgh sleep quality index: A new instrument for psychiatric practice and research. Psychiatry Research, 28(2), 193-213.

Giese, M., Unternaehrer, E., Brand, S., Calabrese, P., Holsboer-Trachsler, E., & Eckert, A. (2013). The interplay of stress and sleep impacts BDNF level. PloS One, 8(10), 1-6. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0076050

Goble, F. (1992). Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Penerbit Kanisius

Gómez-Chiappe, N., Lara-Monsalve, P. A., Gómez, A. M., Gómez, D. C., González, J. C., González, L., Gutiérrez-Prieto, J. E., Jaimes-Reyes, M. A., González, L. D., & Castillo, J. S. (2020). Poor sleep quality and associated factors in university students in Bogotá D.C., Colombia. Sleep Science, 13(2), 125-130. https://doi.org/10.5935/1984-0063.20190141

Gunawan, D. H., Permana, T. B., Naldi, Y., & Primanagara, R. (2019). Hubungan antara tingkat stres dan kualitas tidur terhadap tekanan darah pada mahasiswa tingkat akhir fakultas kedokteran Unswagati tahun akademik 2015/2016. Tunas Medika: Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 5(1), 1-9.

Hershner, S. D., & Chervin, R. D. (2014). Causes and consequences of sleepiness among college students. Nature and Science of Sleep, 6, 73-84.

Hirshkowitz, M., Whiton, K., Albert, S. M., Alessi, C., Bruni, O., DonCarlos, L., Hazen, N., Herman, J., Katz, E. S., Kheirandish-Gozal, L., Neubauer, D. N., O’Donnell, A. E., Ohayon, M., Peever, J., Rawding, R., Sachdeva, R. C., Setters, B., Vitiello, M. V., Ware, J. C., & Hillard, P. J. A. (2015). National sleep foundation’s sleep time duration recommendations: Methodology and results summary. Sleep Health, 1(1), 40-43. http://dx.doi.org/10.1016/j.sleh.2014.12.010

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 2(1), 73-80.

Kline, C. (2013). Sleep quality. Encyclopedia of Behavioral Medicine, 1811–1813. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1005-9_849

LeBourgeois, M. K., Giannotti, F., Cortesi, F., Wolfson, A. R., & Harsh, J. (2005). The relationship between reported sleep quality and sleep hygiene in Italian and American adolescents. Pediatrics, 115(1 0), 257–265. https://doi.org/10.1542/peds.2004-0815H

Maheshwari, G., & Shaukat, F. (2019). Impact of poor sleep quality on the academic performance of medical students. Cureus, 11(4), 1-6, https://doi.org/10.7759/cureus.4357

Maisa, E. A., Andrial, A., Murni, D., & Sidaria, S. (2021). Hubungan stres akademik dengan kualitas tidur mahasiswa keperawatan tingkat akhir program alih jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 438-444. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1345

Marks, R., & Landaira, M. (2016). Sleep, disturbances of sleep, stress and obesity: A narrative review. Journal of Obesity & Eating Disorders, 1(2), 1-6.

Mayoral. (2016). Konsep Dasar Keperawatan. EGC.

Nashori, F., & Wulandari, E. D. (2017). Psikologi tidur: Dari kualitas tidur hingga insomnia. Universitas Islam Indonesia.

Nelson, K. L., Davis, J. E., & Corbett, C. F. (2022). Sleep quality: An evolutionary concept analysis. Nursing Forum, 57(1), 144-151. https://doi.org/10.1111/nuf.12659

Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan kualitas tidur dengan prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter angkatan 2010 fakultas kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 243-249.

Noveni, N. A., Wijaya, D. A. P., Putri, M., & Rahmawati, P. (2023). Seberapa besar peran kualitas tidur terhadap stres akademik mahasiswa?. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 6(1), 56-62. https://doi.org/10.36341/psi.v6i1.2694

Palasamy, J., Moorthy, S. K., Bodinagoda, N. M. R., Singam, P. T., & Ravi, P. (2021). Association between academic stress and sleep quality among undergraduate medical students. Public Health and Preventive Medicine, 7(1), 1-10.

Philips. (2019). Philips global sleep survey: The global pursuit of better sleep health [Infografis]. https://www.usa.philips.com/c-e/smartsleep/campaign/world-sleep-day

Pilcher, J. J., Ginter, D. R., & Sadowsky, B. (1997). Sleep quality versus sleep quantity: Relationships between sleep and measures of health, well-being, and sleepiness in college students. Journal of Psychosomatic Research, 42(6), 583 596.

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Ryan, T. (2022, Agustus 29). A study guide to getting sleep during final exams. Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/school-and-sleep/final-exams-and-sleep

Saputra, N. B. (2020). Perbedaan kualitas tidur mahasiswa tingkat akademik dengan profesi di program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat, dan keperawatan Universitas Gadjah Mada. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Universitas Gadjah Mada.

Shenoy, U. A. (2000). College-stress and symptom-expression in international students: A comparative study. Dissertation. (Tidak Diterbitkan). Faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University.

Shofia, S., & Trihandayani, D. (2023). Pengaruh stres akademik terhadap kualitas tidur pada mahasiswa di Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 9(1), 23-34. https://doi.org/10.2685/jippuhamka.v9i1.11387

Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X., & Xu, A. (2011). Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and reliability with chinese students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534-546. https://doi.org/10.1177/0734282910394976

Suni, E. (2023, Maret 22). How much sleep do we really need?. Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-much-sleep-do-we-really-need

Susanti, N. M. D., & Kalengkongan, D. (2021). Hubungan stres dengan kualitas tidur pada mahasiswa-mahasiswi tingkat akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso. Journal of Islamic Medicine, 5(2), 125-132. https://doi.org/10.18860/jim.v5i2.11797

Tari, M. A. T. S., Kamayani, M. O. A., & Damayanti, M. R. (2022). Hubungan stres akademik dengan kualitas tidur pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana. Community of Publishing in Nursing (COPING), 10(2), 173-179.

Weidner, G., Kohlmann, C. W., Dotzauer, E., & Burns, L. R. (1996). The effects of academic stress on health behaviors in young adults. Anxiety, Stress, & Coping: An International Journal, 9(2), 123-133. http://dx.doi.org/10.1080/10615809608249396

Wijiyanti, R. A., & Linggardini, K. (2020). Hubungan tingkat stress dengan pola tidur pada mahasiswa semester 7 prodi keperawatan S1 fakultas ilmu kesehatan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 57-60.

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid academic stress: The moderating impact of social support among social work students. Advances in Social Work (Fall 2008), 9(2), 106-125.

Wulandari, R. P. (2012). Hubungan tingkat stres dengan gangguan tidur pada mahasiswa skripsi di salah satu fakultas rumpun science-technology UI. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Yi, H., Shin, K., & Shin, C. (2006). Development of the sleep quality scale. Journal of Sleep Research, 15(3), 309-316.

Yusa, A. H., & Triadi, I. A. (2022). Pengaruh keluhan stres terhadap kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran tahun 2019 Universitas Muhammadiyah Makassar. Alami Journal, 6(1), 35-41. https://doi.org/10.24252/alami.v6i1.33891

Zepp Health. (2021). The 2021 international sleep white paper [Infografis]. https://fe-cdn.huami.com/fe-deploy/page/template/75731647508011420-34.html

Zhai, K., Gao, X., & Wang, G. (2018). The role of sleep quality in the psychological well-being of final year undergraduate students in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(12), 2881. https://doi.org/10.3390/ijerph15122881

Zurrahmi, Z. R., Hardianti, S., & Syahasti, F. M. (2021). Hubungan tingkat stres dengan kualitas tidur pada mahasiswa akhir S1 kesehatan masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 962-968. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.209

Information
PDF
682 times PDF : 416 times
Article Tools