KONTROL DIRI DAN PEMBELIAN IMPULSIF STUDI META-ANALISIS

Nita Sri Handayani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Annisa Julianti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pembelian impulsif merupakan pembelian yang dilakukan tidak terencana dan secara tiba-tiba, yang biasanya dipengaruhi karena adanya dorongan yang besar untuk memiliki atau menginginkan sesuatu. Kontrol diri memiliki peran sebagai pengatur perilaku pembelian impulsif, yang dapat mengarahkan serta membimbing individu sehingga pada akhirnya dapat mengarahkan ke perilaku yang lebih positif. Tujuan dilakukannya studi meta-analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana korelasi yang sebenar-benarnya antara kontrol diri dan pembelian impulsif. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan meta-analisis, dengan mempertimbangkan ukuran efek. Adapun jumlah sample dalam penelitian ini adalah 3754 responden dari 21 penelitian yang memenuhi kriteria. Hasil uji meta-analisis ini menunjukan terdapat korelasi positif antara 0,03 sampai 0,65, dengan tingkat kepercayaan 95 %. Kemudian uji heterogenitas menunjukan hasil yang baik dan tidak terdapat bias publikasi (p<0,01)C.

Keywords
Pembelian impulsif, Kontrol diri, Meta-Analisis
References

Afandi, A.R., & Hartati, S. (2017) Pembelian impulsif pada remaja akhir ditinjau dari kontrol diri. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(3), 123-130. DOI:10.22146/gamajop.44103.

Al-Fisyahri, F.I., & Muhid, A. (2022). Kontrol diri, kepribadian ekstrovert dan perilaku impulsive buying pada pemain game online. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 17(2), 72-81. DOI:10.32734/psikologia.v17i2.9538.

Alkusani, Sukaris, Baskoro, H., Suwardana, H., & Dewantoro, A.Q. (2022). The effect of self control and ease of transactions on impulsive buying tendencies. IRJ: Innovation Research Journal, 3(2),143-148.DOI: http://dx.doi.org/10.30587/innovation.v3i2.4829.

Am, R., & Simanjuntak, M. (2020). Nilai dan kontrol diri sebagai faktor pembentuk sikap dalam perilaku pembelian impulsif antar generasi. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(3), 262-276. Doi: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.262.

Amos, C., Holmes, G.R., & Keneson, W.C. (2014), A meta-analysis of consumer impulse buying. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(2), 86-97. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2013.11.004.https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S096969891300115X

Anonim. (2021). Kelebihan belanja online selama pandemi, apa bisa menggantikan belanja offline?. Diakses dari: https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/482/kelebihan-belanja-online-selama-pandemi-apa-bisa-menggantikan-belanja-offline#:~:text=Berdasarkan%20uraian%20diatas%2C%20dapat%20disimpulkan,belanja%20online%20dilakukan%20dengan%20perantara.

Aprilia, L. & Nio, S.R. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan impulsive buying pada mahasiswi. Universitas Negeri Padang. 1-11. DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i1.6350.

Arisandy, D. & Hurriyati, D. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi di perguruan tinggi wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan, 3(1), 31-39.

Baumeister, R.F. (2002). Yielding to temptation: self-control failure, impulsive purchasing, and consumer behavior. Journal of Consumer Research, 28, 670–676. DOI:https://doi.org/10.1086/338209.

Baumeister, R.F., Sparks, E.A., Stillman, T.F., & Vohs, K.D. (2008). Free will in consumer behavior: Self-control, ego depletion, and choice. Journal of Consumer Psychology, 18, 4-13. doi: 10.1016/j.jcps.2007.10.002.

Burkley, E. (2008). The role of self-control in resistance to persuasion. Personality and Social Psychology Bulletin, 34(3), 419-431. Doi: 10.1177/0146167207310458.

Chaplin, J.P. (2005). Kamus lengkap psikologi. Rajawali Press.

Charan, Y.Y.P., & Rahayu, M.N.M. (2022). Self control dan impulsive buying wanita dewasa awal pada masa pandemik. Jurnal Imliah Psikologi, 10(4), 662-670. https://ejournals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/9100

Efendi, R., Indartono, S., & Sukidjo. (2019). The mediation of economic literacy on the effect of self control on impulsive buying behaviour moderated by peers. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(3), 98-104. https://www.econjournals.com/index.php/ijefi/article/view/7738

Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (1995). Perilaku konsumen (edisi keenam, jilid dua). Bina Rupa Aksara.

Elnina, D.R. (2022). Kemampuan self control mahasiswa dtinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 001-019.DOI: 10.36636/psikodinamika.v2i1.955.

Handayani, N.S. & Sari, F. (2019). Kontrol diri dan pembelian impulsif pakaian pada remaja penggemar k-pop. Jurnal Psikologi, 12(2), 179-188. Doi: https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2442.

Indana, F.N., & Aqnuri, E.K.I. (2022). Kontrol diri dan kepribadian ekstrovert dengan impulsive buying pada individu yang melakukan belanja online. Psychomedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 40-51.DOI: 10.35316/psycomedia.2022.v2i1.40-51.

Larasati, M.A., & Budiani, M.S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan pembelian impulsif pakaian pada mahasiswi psikologi universitas negeri Surabaya yang melakukan pembelian secara online. Character, 2(3), 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/11000.

Page MJ, McKenzie JE, Bossuyt PM, Boutron I, Hoffmann TC, Mulrow CD et al. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ 372(71). https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Pangkaca, N., Rejeki, A., & Sholichah, I.F. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap pembelian impulsif belanja online pada karyawan department store. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7), 1177-1187. DOI: 10.36418/jiss.v2i7.372.

Puspitasari, D., Argiati, S.H.B., & Putrianti, F.G. (2022) Impulsive buying ditinjau dari kontrol diri pada mahasiswi penggemar k-pop di Yogyakarta. JoPS: Journal of Psychology Students, 1-7. DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16977.

Roberts, J. A., & Manolis C. (2012). Cooking up a recipe for self-control the three ingredients of self-control and its impact on impulse buying. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 173-188. DOI:10.2753/MTP1069-6679200204

Rozana, A., Nugrahawati, E.N., & Dwarawati, D. (2019). Effect of gratitude and self control to impulsive buying in unisba students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 409, 465-469.DOI: 10.2991/assehr.k.200225.099.

Salamba, D.C., & Ambarwati, K.D. (2023). Hubungan antara kontrol diri dengan impulsif buying produk fashion di masa pandemik pada mahasiswa melalui aplikasi belanja online. Economics and Digital Business Review, 4(1), 929-939. DOI://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.455.https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/455

Siregar, F.J. (2022). Pengaruh kontrol diri terhadap pembelian impulsif saat perayaan hari belanja online nasional (HARBOLNAS) pada mahasiswi perguruan tinggi negeri di kota malang. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sultan, A.J., Joireman, J., & Sprott, D.E. (2012). Building consumer self-control: The effect of self-control excercies on impulse buying urges. Mark Lett, 23, 61-72. Doi: 10.1007/s11002-011-9135-4.

Information
PDF
289 times PDF : 169 times
Article Tools