PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN HARDINESS TERHADAP STRESS AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE SAAT PANDEMI

Rona Dinar Kuntari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sendi Satriadi
Universitas Gunadarma
Indonesia
Maria Inke Septiani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Mahasiswa adalah indivudu yang melaksanakan pendidikan pada jenjang perguruang tinggi, perbedaan proses pembelajaran dari tingkat sekolah menengah atas ke perguruan tinggi menuntut mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan tugas yang menunpuk terlebih dalam melaksanakan perkuliahan secara online ditengah masa pandemi membuat mahasiswa merasakan stress akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial dan hardiness dengan stress akademik pada mahasiswa yang melakukan perkuliahan online saat pandemi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa laki-laki dan perempuan yang melakukan perkuliahan online sebanyak 112 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian tersebut adanya pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial dan hardiness terhadap stress akademik.

Keywords
Dukungan sosial; hardiness; stress akademik; mahasiswa
References

Abdollahi., Mansor, A, T., Per, C., Richard, H., Siti, N, Y., & Zanariah, I. (2016). Problem solving skill and perceived stress among undergraduated student : the moderating role of hardiness. Journal of health psychology. Vol 1 (11). 8- 9. DOI:10.1177/13591053166553265.

Abdollahi,A., Sana,P., Mahnaz, A, T., & Kelly, A, A. (2020). Academic hardiness as a mediator for the relathionship between school belonging and academic stress. Psychology in schools. Vol 6 (7). DOI:10.1002/pits.22339

Atri, A., Sharma, M & Randal, C. (2006). Role of social support, hardiness, and acculturation as predictors of mental health among international students of Asian Indian Origin. International quarterly of community health education. Vol 27 (1). 68-70. doi:10.2190/IQ.27.i.e.

Azzizah, J, N., & Yohana, W, S. (2021). Hubungan antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi Covid 19. Jurnal penelitian psikologi. Vol 8 (1). 212-222.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stress akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan. Vol 5(3). 143-144. DOI: https://doi.org/10.29210/119800.

Barseli, M., Ifdil, I., & Linda, F. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal penelitian guru Indonesia). Vol 5(2). 96-97. DOI: https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005.

Bartone, P.T. (2013). Cross-cultural adaptation of the DRS-15 Dispositional Resilience Scale: A short hardiness measure. Final report on Fulbright Research Fellowship. Bergen, Norway.

Bedewy, D., & Gabriela, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: the perception of academic stress scale. Health psychology open. Vol 1(9). 2-9. DOI: 10.1177/2055102915596714.

Delahaij, R., Anthony, W, K,G, & Karen, V, D. (2010). Hardiness and the response to stresfull situation : investigating mediating processess. Personality and individual differences. Vol 49. 389-390. https://doi.org/10.1016/j.paid.2010.04.002

Ekawati, D., Dwi, Y,P,S., & Mulawarman. (2020). Group counseling stress inoculation training technique to increase academic distress tolerance through hardiness in students. Jurnal bimbingan konseling. Vol 9(1). 101. DOI:https://doi.org/10.15294/jubk.v9il.29218

Friedlander, L, J., Graham, J, R., Naomi, S., & Robert, C. (2007). Social support, self esteem, and stress as predictor of adjusment to university among first-year undergraduates. Journal of college student development. Vol 48 (3). 269-270. DOI :10.1353/csd. 2007.0024

Hystad, S, W., Jarie, E., & Jon, C, L. (2009). Academic stress and health : exploring the moderating role of personality hardiness. Scandinavian journal of educational research. Vol 53(5). 426- 427. DOI.10.1080/00313830903180349

Kamtsios, S., & Karagiannopoulou, E. (2015). Exploring relationships between academic hardiness, academic stressors and achievement in university undergraduates. Journal of Applied Educational and Policy Research, Vol 1(1). 54-67. ISSN : 1930-9325

Keo, J,J., Wahyuni, K.,& Adi, S. (2020). Dukungan sosial, ketangguhan pribadi dan stres akulturasi mahasiswa Nusa Tenggara Timur di Salatiga. Psikologika jurnal pemikiran dan penelitian psikologi. Vol 25(1). 23-24. DOI:10.20885/psikologika.vol25.iss1.art2

Kobasa, S. (1979). Stressfull life events, personality, and health : an inquiry into hardiness. Journal of personality and social psychology. Vol 37 (1). 1-4. http://dx.doi.org/10.1037/0022-3514.37.1.1.

Mustofa, I, M., Muhammad C., & Lina, S. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi (studi terhadap website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo journal of information technology. Vol 1(2). 151-160. DOI : http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Oktawirawan, D,H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol 20(2). 541-542. DOI 10.33087/jiubj.v20i2.932

Ozsaban, A., Nuray, T., & Hatice, K. (2019). Resilience in nursing student : the effect of academic stress and social support. Clinical and experimental health science. Vol 9. 72. DOI: 10.33808/marusbed.546903

Otavia,W,K., Rahmah, F., Hastin, W & Fitri, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stress akademik. Prosiding seminar nasional magister psikologi Universitas Ahmad Dahlan. 142-143. ISSN: 2715-7121.

Pengilly, J,W & E Thomas, D. (2000). Hardiness and social support as moderators of stress. Journal of clinical psychology. Vol 56(6). 817. DOI 10.1002/(SICI)1097- 4679(200006)56:63.0.CO;2-Q

Pramestuti, N, A & Kartika, S,D. (2014). Distres ditinjau dari dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro. Journal empati. Vol 3(4). 442-452. https://doi.org/10.14710/empati.2014.7606

Pudner, R. (2010). Nursing the surgical patient. UK: Elsevier Limited

Rayle, A, D., & Kuo-Yi, C. (2008). Revisiting first-year college student’s mattering: social support, academic stress, and the matering experience. J. college student retention. Vol 9(1). 30-31. https://doi.org/10.2190/X126-5606-4G36-8132

Saputra, I, M, R, A., & Luh Made, K, S, S. (2019). Peran stres akademik dan hardines terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama. Jurnal Udayana. Vol 6 (1). 37-38. e-ISSN : 2654 4024;p-ISSN:2354 5607

Sari, S,P., Januar, E, A., & Kurnia, S. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Vol 9(1). 19-20. DOI : https://doi.org/10.15294/ ijgc.v9i1.38674

Sari, Y,K & Ice, Y,W. (2017). Dukungan sosial dan tingkat stress orang dengan HIV/AIDS. Jurnal keperawatan Indonesia. Vol 20(2). 86-87. DOI:10.7454/jki.v20i2.361.

Siregar, I,K., & Sefni, R,P. (2019). Hubungan self efficacy dan stress akademik mahasiswa. Consilium. Vol 6(2). 91-92. ISSN : 2654-878X (Online).

Soderstorm, M., Christyn, D., Jenn, L., & Mary, S. (2000). The relathionship of hardiness, coping strategies, and perceived stress to symptoms of illnes. Journal of behavioral medicine. Vol 23 (3). 324-325. https://doi.org/10.1023/A:1005514310142

Utami, S., Anna, R & Afiatin, N. (2020). Kontribusi self efficacy terhadap stress akademik mahasiswa selama pandemi covid-19 periode April-Mei 2020. Jurnal bimbingan dan konseling. Vol 4(1). 20-21. DOI: 10.26539/teraputik.41294

Vogt, D, S., Shireen, L, R., Jillian, C, S., & Patricia, A, R. (2008). Longitudinal investigation of reciprocal relathionship between stress reaction and hardiness. Sagepub journal. Vol 34 (1). 67-68. https://doi.org/10.1177/2F0146167207309197

Wilks, S, E., & Christina, A. (2010). Resilience in udergraduate social work students : social support and adjustment to academic stress. Social work education : the international journal. Vol 29 (3). http//dx.doi.org/ 10.1080/02615470902912243

Zimet, G. (2016). Multidimensional scale of perceived social support. Journal of personality assesment. Vol 52 (1). 30-41. http://dx.doi.org/10.1207/s15327752jpa520

Information
PDF
304 times PDF : 315 times
Article Tools