OPTIMISME DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA BEKERJA

Firmansyah Prayoga
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Praesti Sedjo
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Mimi Wahyuni
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Mahasiswa yang bekerja, harus memiliki dorongan atau motivasi dalam berprestasi yang kuat untuk dapat mengatasi berbagai masalah agar kuliah dan bekerja bisa saling beriringan. Salah satu faktor yang memperkuat motivasi berprestasi adalah optimisme yang dimana mahasiswa terdorong untuk melakukan usaha-usaha nyata dalam meraih tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara optimisme dan motivasi berprestasi pada mahasiswa bekerja. Sampel penelitian mahasiswa tinggal dan bekerja yang berada di wilayah Jabodetabek dan Karawang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment pearson dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara optimisme dan motivasi berprestasi (r = 0.631; p < .01). Arah hubungan positif dapat diartikan semakin tinggi optimisme maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi mahasiswa bekerja dan sebaliknya, semakin rendah optimisme maka semakin rendah pula motivasi berprestasi pada mahasiswa bekerja.

Keywords
optimisme; motivasi berprestasi; mahasiswa bekerja
References

Adilia, M. D. (2010). Hubungan self-esteem dengan optimisme meraih kesuksesan karir pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ansyah, H. (2012). Apa arti dari mahasiswa di https://kompasiana.com/ (akses 8 April 2020).

Daukantaite, D., & Zukauskiene, R. (2012). Optimism and subjective well-being: Affectivity plays a secondary role in the relationship between optimism and global life satisfaction in middle-aged women, longitudinal and cross-cultural findings. Journal of Happiness Studies, 13(1), 1-16.

Dirmantoro, M. (2015). Motivasi mahasiswa kuliah sambil bekerja. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Gallerman, S. W. (1984). Motivasi dan produktivitas. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Hikami, M. W. (2020). Dampak mahasiswa-mahasiswi yang bekerja di masa pandemi saat ini di https://www.kompasiana.com/ (akses 13 September 2021).

Mashadi, I. (2015). Problematika dan solusi mahasiswa yang bekerja bagi keberlangsungan belajarnya. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

McClelland, D. C. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press.

Motte, A., & Schwartz, S. (2009). Are student employment and academic success linked? Canada: Millennium Research Note

Ningsih, L. R. (2018). 10 Tantangan ini akan kamu hadapi jika kuliah sambal bekerja di https://kumparan.com/ (akses 9 Mei 2020).

Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA ‘X’ di Surabaya. Tesis (tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya.

Slamet, S. (2014). Pelatihan motivasi berprestasi guna meningkatkan efikasi diri dan optimisme pada mahasiswa aktivis organisasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Hisbah, 11(1), 75-98.

Susilowati, W. (2019). Kuliah sambil kerja, upayakan dukung karier pasca wisuda di https://www.kompasiana.com/ (akses 9 Mei 2020).

Seligman, M. E. P. (2006). Learned optimism: How to change your mind and your life. New York: Vintage Books.

Seligman, M. E. P., Reivich, K., Jaycox, L., & Gillham, J. (1995). The optimistic child. Houghton: Mifflin and Company.

Valentino, R., & Indahria, S. (2007). Hubungan antara optimisme akan masa depan dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa fakultas kedokteran UII. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Wardiyah, A., Afiyanti, Y., & Budiati, B. (2015). Faktor yang mempengaruhi optimism kesembuhan pada pasien kanker payudara. Jurnal Keperawatan, 5(2), 121-127.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209.

Lopez, S. J., & Snyder, C. R. (2002). Handbook of positive psychology. New York: Oxford University Press.

Jayani, D. H. (2021). Mahasiswa baru Indonesia naik 20,13% pada 2019 di https://databoks.katadata.co.id/ (akses 8 Juni 2021).

Information
PDF
606 times PDF : 604 times
Article Tools