POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA MAHASISWA

Danialiefah R. Islami
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Natalia Konradus
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pola asuh demokratis dan kemampuan sosialisasi pada mahasiswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan skala kemampuan sosialisasi dan skala pola asuh demokratis. Adapun sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 116 mahasiswa dengan usia 18-30 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS, dan diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0.246 dengan nilai signifikansi sebesar 0.008 (ρ < .01). Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemampuan sosialisasi pada mahasiswa.

References

Carsel, S. (2020). Budaya akademik dan kemahasiswaan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia & Reativ.

Dewi, R., Dalimunthe, R. Z., Rahmadana, M. F., Pangaribuan, W., Dalimunthe, M. B., & Martiano, M. (2019). Membangun ketahanan diri anak remaja melalui program eduda. Medan: Kita Menulis.

Faqih, M. (2015). Pede dengan komunikasi interpersonal, diakses dari https://www.republika.co.id/pede-dengan-komunikasi-interpersonal, pada 20 Februari 2015.

Gainau, M. B. (2021). Psikologi anak. Yogyakarta: PT Kanisius

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. Bandung: CV. Rasi Terbit

Hanifah, N. (2016). Sosiologi pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Hetherington, E. M., & Parke, R. D. (1999). Child psychology: A contemporary viewpoint. Boston, MA: McGraw-Hill College.

Krasnor, L. R. (1997). The nature of social competence: A theoretical review. New York: Blackwell Publisher

Lofas, J. (1998). Family rules: Helping stepfamilies and single parents build happy homes. New York: Kensington Publishing Corp.

Leny, L., & Kusmawati, C. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Matahari Palembang: Medical Sciences Journal, 7(1), 1-11.

Masykouri, A. (2011). Salah pola asuh bisa jadi masalah anak di kemudian hari, diakses dari https://health.detik.com/salah-asuh-orangtua-bisa-jadi-masalah-anak-di-kemudian-hari, pada 30 Januari 2011.

Merrel, W. K. (2001). Assessment of children’s social skills: Recent development, best practies and new directions. Di unduh pada tanggal 10 Oktober 2014. Dikutip dari Exceptionally, 9 (1&2), 3-8. Lawrence Erlbaum Association, Inc.

Rizki, A. M. (2018). 7 jalan mahasiswa. Sukabumi: Jejak Publisher

Riggio, R. E., & Reichard, R, J. (2008). The emotional and social intelligences of effective leadership: an emotional and social skill approach. Journal of Managerial Psychology, 23(2), 169-185.

Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (1995). Authoritative, authoritarian, and permissive parenting practices: development of a new measure. Psychological Reports, 77, 819-830

Ryanto, A., Nova, R., & Murniati, H. (2016). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada remaja kelas X di SMAN 1 Wanadadi Banjarnegara. Jurnal Keperawatan, 9(16), 29-37.

Santrock, J. W. (2007). Child development. New Jersey: McGraw-Hill.

Setiabudhi, T., & Hardywinoto, H. (2002). Anak unggul berotak prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simarmata, S. (2015). Hubungan antara kemampuan sosialisasi dengan kesejateraan psikologis pada suster junior kongregasi suster fransiska Santa Lusia (KSFL). Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Siswanto, D. (2020). Anak di persimpangan perceraian. Surabaya: Airlangga University Press

Simarmata, J., Sari, D. C., Purba, D. W., Mufarizuddin, M., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi pendidikan lewat transformasi digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sovitriana, R. (2019). Buku dinamika psikologi kasus penderita skizofrenia. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suharsono, J. T., Fitriani, A., & Upoyo, A. S. (2009). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 4(3), 112-118.

Tusyadiah, H. (2020). Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan empati pada mahasiswa UIN SUSKA. Skripsi (tidak diterbitkan). Pekanbaru: Universitas Islami Negeri Sultan Syarif Kasim.

Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah ibu baik. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Wu, S. (2008). Social skill in the workplace: what is social skill and how does it matter. Columbia.

Zubaedi, Z. (2011). Design pendidikan karakter. Jakarta: Kencana.

Information
PDF
414 times PDF : 379 times
Article Tools