ANALISIS DIGITAL MARKETING (FACEBOOK) SEBAGAI SARANA PROMOSI OBJEK WISATA SITUS GUNUNG PADANG

Armaini Akhirson, Irwandaru Dana Jaya, Dionysia Kowanda, Herliana Intan Fandini

Abstract

Dinobatkannya Desa Wisata Situs Gunung Padang sebagai 50 Desa Wisata terbaik dalam Anugrah Desa Wisata Tahun 2021/2022 program Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sebagai destinasi utama yaitu Objek Wisata Situs Gunung Padang. Maka perlunya meningkatkan promosi dengan cara digital. Penelitian ini dilakukan dari Bulan Mei-Juli Tahun 2022 di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data eksploratif dan Analisis SWOT. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa belum meratanya digital marketing yang dilakukan oleh pengelola Objek Wisata Situs Gunung Padang. Sejauh ini, hanya menggunakan media sosial, Facebook adalah media sosial yang digunakan dengan pengikut terbanyak, serta setiap tahunnya mengalami kenaikan dalam jumlah like, comment dan content yang diunggah. Dengan begitu perlunya pemahaman dan informasi mengenai pengelolaan digital marketing serta pembinaan untuk sumber daya manusianya.

Full Text:

PDF