IMPLEMENTASI CITRA MEREK, KEPERCAYAAN KONSUMEN, PERSEPSI KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY DI KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Perkembangan penggunaan financial technology di Indonesia selama 2 tahun terakhir
juga cukup pesat dikarenakan adanya pandemi covid-19 dimana kebutuhan konsumen
dalam melakukan pembayaran telah berubah sehingga konsumen beralih dari
pembayaran tunai menjadi pembayaran digital melalui dompet digital. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel citra merek,
kepercayaan konsumen, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat
terhadap keputusan penggunaan e-wallet ShopeePay di Kota Tangerang Selatan.
Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan e-wallet
ShopeePay sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner online. Metode analisis
data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis
regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa citra merek, kepercayaan konsumen, persepsi keamanan, persepsi
kemudahan, dan persepsi manfaat berpengaruh secara parsial maupun simultan
terhadap keputusan penggunaan e-wallet ShopeePay di Kota Tangerang Selatan.