KONFLIK PERAN GANDA, KECERDASAN EMOSI, DAN KINERJA GURU WANITA YANG SUDAH MENIKAH

Indria Hapsari

Abstract

Penellitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh konflik peran ganda dan kecerdasan emosi terhadap kinerja
guru yang sudah menikah, dan juga pengaruh konflik peran ganda dan kecerdasan
emosi secara bersama-sama terhadap kinerja guru wanita yang sudah menikah. Subjek
penelitian ini adalah 141 orang yang berasal dari 17 Sekolah Dasar Negeri di Jakarta.
Hasil analisis pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja diketahui bahwa
signifikansi regresi adalah sebesar 0,112 (p>0,05) dan R square sebesar 0,018.
Besarnya signifikansi regresi kecerdasan emosi terhadap kinerja adalah sebesar 0,739
(p>0,05) dan R square sebesar 0,001. Dan besaran signifikansi regresi konflik peran
ganda dan kecerdasan emosi secara bersama-sama terhadap kinerja adalah sebesar
0,272 (p>0,05) dan R square sebesar 0,019. Dari analisis diketahui bahwa dari ketiga
hipotesis yang disampaikan peneliti, ketiganya ditolak. Konflik peran ganda dan
kecerdasan emosi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja subjek guru yang sudah
menikah dalam penelitian ini, serta konflik peran ganda dan kecerdasan emosi secara
bersama-sama juga tidak berpengaruh terhadap kinerja subjek guru wanita yang
sudah menikah dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF