FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Anisah Anisah, Lies Handrijaningsih, Septi Mariani T. R., Bagasadi Syabani Wibisono

Abstract

Pola perilaku masyarakat berbelanja merupakan dampak perkembangan teknologi dan
informasi. Masyarakat yang mulai untuk berbelanja melalui daring dibandingkan
dengan berbelanja secara langsung. Salah satu marketplace yang ada di Indonesia
adalah Shopee. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat,
brand ambassador¸ ulasan produk dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian
pada Shopee. Populasi pada penelitian merupakan konsumen yang menggunakan
Shopee. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan
sampel dengan teknik non probability sampling, dengan menggunakan data primer.
Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada
pengguna Shopee. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji
asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial brand ambassador tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Persepsi manfaat, ulasan produk dan kepercayaan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan
menunjukan bahwa persepsi manfaat, brand ambassador¸ ulasan produk dan
kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

PDF