ANALISIS SIKAP KONSUMEN MARKETPLACE INDONESIA DENGAN MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DI KECAMATAN JAYAMEKAR KABUPATEN BANDUNG BARAT SEPANJANG PANDEMI COVID-19 (CASE STUDY TOKOPEDIA)

Agry Alfiah

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah menganalisa sikap konsumen sepanjang pandemi covid-19
yang mempengaruhi pemakaian marketplace Tokopedia dengan Technology
Acceptance Model (TAM). Riset ini melakukan survei mengolah informasi. Responden
pada riset ini sebanyak 200 ibu rumah tangga di Kecamatan Jayamekar Kabupaten
Bandung Barat, yang mengetahui serta pernah melakukan transaksi belanja online
marketplace Tokopedia. Untuk menguji informasi Riset, peneliti memakai Partial Least
Square (PLS) versi 3.2.3. Hasil riset menunjukkan kalau minat pemakaian marketplace
Tokopedia pada saat transaksi online dipengaruhi oleh lima variable. Hal ini
dilakukan untuk menjelaskan sikap para pengguna teknologi informasi pada
pemakaian aplikasi Tokopedia (actual use), kemudahan aplikasi Tokopedia (perceived
easy of used), manfaat aplikasi Tokopedia (perceived usefulness), resiko aplikasi
Tokopedia (perceived risk), kepercayaan para pengguna aplikasi Tokopedia (trust)
yang memiliki pengaruh terhadap marketplace Tokopedia untuk pembelian online

Full Text:

PDF