FAKTOR DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI JAKARTA SELATAN

Hernama Hernama

Abstract

Penelitian ini mengambil variabel kualitas produk dan persepsi harga sebagai faktor
determinan keputusan pembelian smartphone.Tingkat persaingan yang semakin ketat
untuk produk smartphone, menyebabkan konsumen bertindak selektif dalam melakukan
keputusan pembelian. Kualitas produk merupakan suatu pokok masalah dalam
persaingan. Jika konsumen merasa kualitas produk sesuai dengan harapan, maka
konsumen akan mempersepsikan kualitas produk sebagai produk yang baik kualitasnya
dan merasa puas. Disamping kualitas, konsumen dalam memilih produk sangat
dipengaruhi oleh pertimbangan harga. Bagi konsumen ada variasi yang cukup besar
mengenai pentingnya harga dan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan
pendekatan non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan merujuk
praktik dilapangan pada accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 150
responden. Hasilnya menujukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk dan
persepsi harga berpengaruh pada keputusan pembelian smartphone, dan secara
bersama-sama variabel kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh pada
keputusan pembelian smartphone

Full Text:

PDF