PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP AMALIYAH JAKARTA

Khairunnisa Raihani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui besarnya pengaruh penerapan
penggunaan teknologi informasi dan motivasi peserta didik terhadap hasil belajar
peserta didik kelas IX mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Amaliyah Jakarta. (2)
Menemukan adanya interaksi antara penerapan media teknologi informasi,
motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IX mata pelajaran Bahasa Indonesia
SMP Amaliyah Jakarta. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-1, IX-2,
dan IX-3 SMP Amaliyah Jakarta berjumlah 86 peserta didik. Hasil dari penelitian ini
adalah : (1) Pada kelompok data tinggi berpengaruh pada hasil belajar peserta didik,
(2) Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan
terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik yang kelompok
data tinggi dan kelompok data rendah, (3) Hasil belajar mata pelajaran Bahasa
Indonesia peserta didik kelompok data tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar mata
pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelompok data rendah, (4) Hasil analisa
grafik kedua garis lurus ada perpotongan, sehingga dapat disimpulkan ada interaksi
antara penggunaan Teknologi Informasi dengan motivasi belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang melaporkan percobaan.

Full Text:

PDF