KENDALA PENERJEMAHAN TEKS AKADEMIS OLEH MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Nurlaila Nurlaila

Abstract

Penelitian studi kasus kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala
yang dihadapi mahasiswa tingkat akhir dalam menerjemahkan teks akademis. Untuk
mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan penugasan dan wawancara kepada 41
mahasiswa kelas penerjemahan tingkat akhir. Penugasan dilakukan sebanyak 7 kali
dalam minggu yang berbeda. Hasil terjemahan teks akademis dianalisis pada setiap
pertemuan untuk menemukan kendala mahasiswa. Selanjutnya, peneliti mewawancarai
mahasiswa berdasarkan kendala yang ditemukan dan memberikan saran berupa cara
penerjemahan untuk digunakan pada penugasan selanjutnya. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menerjemahkan teks
akademis meliputi ketidakakraban dengan standar penulisan, ketidakakraban dengan
variasi istilah atau register bidang ilmu tertentu, serta kesulitan pada pencarian
kesepadanan tingkat kata, gramatika dan teks.

Full Text:

PDF