ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI LINE PADA PONSEL PINTAR
Abstract
Pengguna ponsel pintar saat ini disuguhkan dengan berbagai macam kemudahan dalam
berkomunikasi dengan teman dan keluarga menggunakan aplikasi pesan instant seperti Line,
Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp (WA), dan lain-lain. Aplikasi Line menyediakan
berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna ponsel pintar, seperti : sticker,
emoticon, voice call, video call, bertukar gambar, bertukar video dan lain-lain. Dengan aplikasi
Line pengguna dapat berbagi pesan, gambar, dan video. Kemudahan dalam mengundang teman
melalui ID Line memanjakan para pengguna aplikasi Line pada ponsel pintar. Penelitian ini
mengulas tingkat penerimaan teknologi aplikasi Line oleh pengguna ponsel pintar dengan
mempergunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan pengolahan data penelitian
menggunakan Structural Equation Model (SEM). Variabel yang digunakan pada penelitian ini
adalah persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap pengguna dan kecenderungan tingkah
laku yang dapat merepresentasikan penerimaan teknologi aplikasi Line oleh pengguna ponsel
pintar. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemanfaatan yang terdapat pada
aplikasi Line seperti fitur mengirim foto atau video secara langsung setelah melakukan foto
dan merekan video tidak mudah untuk digunakan, serta fitur untuk mengetahui pesan telah
sampai, tidak dapat diketahui oleh pengguna aplikasi tersebut, pengguna hanya dapat mengetahui
pesan yang dikirim jika sudah dibaca. Kemudahan seperti membuka aplikasi dan mempelajari
aplikasi Line dapat mempengaruhi sikap dari pengguna untuk menerima teknologi aplikasi Line
pada ponsel pintar.