KOMODIFIKASI AGAMA DI BALIK SINETRON RELIGI
Abstract
Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan cara media
massa mengonstruksi nilai-nilai agama dalam sinetron Pesantren dan Rock 'n Roll
yang ditavangkan SCTV. Kedua, mendeskripsikan prosentase iklan dalam satu kali
tayangan sinetron Pesaniren dan Rock 'n Roll. Penelitian dilakukan dengan metode
analisis wacana Teun A Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai
agama yang dikonstruksi dalam sinetron Pesantren dan Rock n Roll adalah masalah
hubungan cinta anak muda di lingkungan pesantren. Bahwa sebagai manusia biasa,
para santri pun bisa dan boleh mengalami jatuh cinta. Perilaku pasrah dan merenungi
nasib ketika seseorang patah hati, sangat ditonjolkan dalam tayangan ini. Sinetron
Pesantren dan Rock n Roll yang ditayangkan SCTV berhasil mengkomodifikasikan
nilai-nilai agama. Keberhasilan komodifikasi ini diindikasikan oleh prosentase waktu
iklan yang mencapai 33%. Indikasi lain adalah ditayangkannya sinetron tersebut
setiap hari selama dua jam, yakni dari jam 21.00 hingga 23.00 WIB.