EVALUASI DESAIN INTERIOR PADA RUANG KELAS KB-TK ISLAM SUCI DALAM EFEKTIFITAS PROSES BELAJAR
Abstract
Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan dalam bentuk kelompok belajar/Taman Kanak-Kanak (KB/TK) merupakan tahapan pendidikan yang penting untuk mengembangkan keterampilan sesuai dengan tingkat perkembangan anak (developmental task) dan untuk mempersiapkan anak usia dini memasuki sekolah. Aktivitas di sekolah banyak dilakukan di dalam ruang kelas sehingga penataan ruang kelas sangat penting dalam menunjang aktivitas belajar. Standar desain ruang kelas untuk taman kanak-kanak harus mempertimbangkan beberapa aspek penting, seperti fleksibilitas, kenyamanan, keterlibatan alami, fasilitas yang memadai, keterampilan ICT, keterampilan kolaboratif, keterampilan mandiri, keselamatan yang aman, dan desain ruang kelas. Selain itu, desain ruang kelas harus ergonomis dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Sehingga penelitian tentang evaluasi desain interior pada ruang kelas KB-TK Islam Suci dalam efektifitas proses belajar menjadi objek yang menarik perhatian peneliti. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Metode deskriptif merupakan metode penelitian untuk menggambarkan keadaan atau kejadian, sedangkan pendekatan kualitatif merupakan pendekatan secara utuh atas objek penelitian yang berupa sebuah peristiwa dengan instrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri, kemudian hasil pendekatan tersebut dijelaskan dengan penjabaran kata-kata berdasarkan data empiris yang didapatkan dan pendekatan ini lebih menekankan makna daripada generalisasi. Efektivitas kenyamanan desain interior KB-TK Islam Suci khususnya kelas TK B Venus secara keseluruhan dianggap baik. Namun penataan meja lipat untuk belajar perlu ditingkatkan, perlu memperhatikan postur duduk lesehan yang dapat mempengaruhi punggung menjadi mudah lelah. Serta perlu adanya penutup untuk akses ke lorong.