PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, SIKAP PADA TEKNOLOGI, DAN KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING ( STUDI KASUS BANK BUMN INDONESIA )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, sikap pada
teknologi dan kepercayaan terhadap penggunaan mobile banking pada bank BUMN..
Metode yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling.
Variable yang digunakan dalam penelitian yaitu, variable independent yang dipakai
adalah persepsi manfaat, sikap pada teknologi, dan kepercayaan, variable dependent
berupa penggunaan mobile banking. Variabel penelitian dianalisis menggunakan
model statistik analisis regresi linear berganda, sesuai dengan tujuan penelitian yaitu
menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh dari ketiga variabel bebas yaitu persepsi
manfaat, sikap pada teknologi dan kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan
mobile banking yang dapat dilihat dari hasil perhitungan Koefisien Determinasi (R2)
yaitu sebesar 0,751 atau 75,1% dan sisanya sebesar 24,9% di pengaruhi oleh faktor-
faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Hal ini menunjukkan bahwa
besar pengaruh persepsi manfaat, sikap pada teknologi, dan kepercayaan terhadap
penggunaan mobile banking pada bank BUMN Indonesia.