ANALISIS STABILITAS LERENG DAN PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH SEBAGAI PERKUATAN BADAN TIMBUNAN TANAH SEPANJANG SISI RUNWAY STRIP (Studi Kasus Timbunan Tanah Landas Pacu Bandara Labuan Bajo)
Abstract
Studi ini membahas stabilitas lereng dan perencanaan dinding penahan tanah
eksisting pada badan timbunan sepanjang sisi runway strip bandara Labuan
Bajo, Flores Barat. Analisis stabilitas lereng ini inenggunakan metode irisan
Feilenius yang disederhanakan; untuk perencanaan dinding penahan tanah
digunakan metode kestabilan terhadap guling, geser dan daya dukung tanahnya.
Berdasarkan hasil analisis kemantapan lereng dengan menggunakan perkuatan
dinding penahan batu kali didapat angka keamanan 1,35 di mana disyaratkan
untuk kestabilan lereng FK > 1ÿ5 danjari-jari kelongsoran adalah 13,36 m sehingga
kestabilan lereng dapat dikatakan aman terhadap longsor. Pada perencanaan
dinding penahan tanah didapat stabilitas terhadap guling didapat FK sebesar
4,00 di mana angka FKyang disyaratkan adalah 1,50. Angka keamanan terhadap
geser didapat 8,01 sedangkan syarat untuk kestabilan terhadap geser adalah 1,50.
Dariperhitungan stabilitas terhadap daya dukung didapat angka stabilitas sebesar
3,57 di mana angka kestabilan untuk daya dukung yang disyaratkan adalah lebih
besar dari 3. Dengan demikian perkuatan dinding penahan tanah dapat dikatakan
stabil.