ANALISIS JUMLAH LOKET E-TICKETING COMUTERLINE di STASIUN CILEBUT, BOGOR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah loket yang sebaiknya
dimiliki oleh Stasiun Kereta Api Cilebut, Bogor sehingga dapat melayani pengguna
jasa KRL secara optimal. Data yang digunakan berupa data primer, yaitu jumlah
penumpang yang datang dan disajikan setiap hari kerja. Data yang diperoleh
melalui pengamatan periode observasi yang dilakukan di jam sibuk atau jam
keberangkatan para pekerja, mahasiswa, dll yaitu pukul 05.00 WIB sampai
08.00 WIB. Teknik analisis data menggunakan metode multichanne- single phase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stasiun Cilebut perlu menambah fasilitas
layanan, dan menambah jumlah loket asli dari tiga menjadi lima loket.
Penambahan itu berdampak pada penurunan jumlah waktu mengantri penumpang
dari 5 menit 15 detik menjadi 1 menit 30 detik, sehingga kinerja pelayanan dapat
dioptimalkan. Namun, penambahan ini hanya diperlukan setiap pagi hari.