ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN MODEL KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DESAIN KEMASAN MINUMAN HERBAL SERBUK

Firda Amalia
Gunadarma University
Indonesia
Syarifuddin Nasution
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Pentingnya suatu atribut dalam kualitas sebuah produk sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kemasan merupakan salah satu atribut yang menjadi faktor penting sebagai daya tarik pembelian suatu produk. Pada penelitian ini dibahas terntang kepuasan pelanggan dalam meningkatkan kualitas desain kemasan. Selama ini, penggunaan kemasan dari minuman herbal serbuk menggunakan kemasan yang dipesan kepada supplier tanpa adanya riset internal tentang kemasan. D'Bu Jiran belum dapat melakukan ekspansi pasar secara meluas karena tidak memiliki bagian khusus untuk membahas desain kemasan yang diinginkan dan diharapkan oleh pelangg. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kepuasan pelanggan terhadap desain kemasan. Pendekatan model Kano dilakukan untuk mengkategorikan atribut keinginan pelanggan kedalam kategori Kano dan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan keinginan pelanggan menjadi pengembangan yang dapat dihasilkan oleh pihak UMKM D’Bu Jiran. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Melalui hasil penyebaran kuesioner didapatkan 8 variabel keinginan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan dikelompokkan berdasarkan 4 kategori Kano. Pengembangan desain kemasan ini fokus pada kategori One Dimensional dan Attractive. Hasil QFD diketahui bahwa variabel customer need “informatif” dan technical response “menambahkan informasi produk” menjadi prioritas pertama dalam pengembangan desain kemasan minuman herbal serbuk.

Keywords
Pengembangan Produk; Desain Kemasan; Kano; QFD; Minuman Herbal
References

Kotler, Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2001.

Klimchuk, Marianne dan Krasovec Sandra, Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga, 2008.

Louw, Alice dan Michelle Kimber, “The Power Of Packaging,” [ Daring ], Available: https://id.scribd.com/doc/91807833/The-Power-of-Packaging, 2007. [Diakses: 2 Desember 2022].

F. Tjiptono dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012.

Aditya Pradipta, “Pengembangan dan Perancangan Produk Kemasan Take Away Holder Produk Minuman Dengan Menggunakan Metode Kano yang Diintegrasikan Dengan QFD,” Journal of Research and Technology, vol. 5, no. 2, hal.1-5, 2016.

Mustakim, “Integrasi Quality Function Deployment dan Kano Guna Perencanaan dan Pengembangan Produk Gunting Multifungsi,” Widya Teknika, vol. 23, no. 1, hal. 20–28, 2015.

K. Matzler dan H. H. Hinterhuber, “How to Make Product Development Projects more Succesful by Integrating K ano's Model of Customer Satisfaction into Quality Function Deployment,” Technovation, vol. 18, hal. 25-38, 1998.

E. K. Delice, Z. Gungor B, “A New Mixed Integer Linear Programming Model for Product Development Using Quality Function Deployment,” Computers & Industrial Engineering, vol. 57, hal. 906-912, 2009.

C. Garibay, H. Gutiérrez, dan A. Figueroa, “Evaluation of A Digital Library by Means of Quality Function Deployment (QFD) and The Kano Model,” The Journal of Academic Librarianship, vol. 36, hal, 25-132, 2010.

M. Lukman, dan W. Wulandari, “Peningkatan Kualitas Produk Cokelat Dengan Integrasi Metode Kano Dan QFD,” Jurnal Teknik Industri, vol. 19, no. 2, hal. 190 -204, 2018.

A. Rif’ah, F. D. Sitania dan S. Gunawan, “Designing Lai Pie Product by Using Kano Model and QFD Method,” Jurnal Agritechno, vol. 13, no. 2, hal. 112-119, 2020.

J. Lyu , R. Chen, L. Yang, J. Wang, M. Chen, “Applying a Hybrid Kano/Quality Function Deployment Integration Approach to Wood Desk Designs for Open-Plan Offices,” Forests, vol. 13, no. 11, hal. 1-14, 2022.

M. Ozalp, D. Kucukbas, E. Ilbahar, S. Cebi, “Integration of quality function deployment with IVIF- AHP and Kano model for customer oriented product design,” In: Kahraman, C., Cebi, S. (eds) Customer Oriented Product Design. Studies in Systems, Decision and Control, vol 279. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-42188-5_6 , 2020.

S. Avikal, R. Singh, R. Rashmi, “QFD and Fuzzy Kano model based approach for classification of aesthetic attributes of SUV car profile,” Journal of Intelligent Manufacturing, vol. 31, no. 2, hal. 271- 84, 2020.

A. Ishak, R. Ginting, B. Suwandira, AF. Malik, “Integration of kano model and quality function deployment (QFD) to improve product quality: a literature review,” In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 2020 Dec 1 (vol. 1003, no. 1, hal. 012025). IOP Publishing.

Information
PDF
335 times PDF : 245 times