SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK PADA REMAJA
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Pandemi Covid-19 yang dialami hampir di seluruh dunia membuat pola pembelajaran menjadi berbeda. Dimulai pada bulan Maret 2020 semua proses belajar dilakukan secara daring atau yang dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tidak ada lagi kegiatan di sekolah yang dilakukan dengan bersama, dan berkumpul bersama. Hal ini membuat orang tua perlu mempelajari gaya belajar anak. Saat masa pandemic Covid-19, anak yang terpaksa harus belajar di rumah harus mendapat bantuan dan dukungan dari sosok orang tua. Jika orangtua tidak mengetahui gaya belajar anak, ada kemungkinan metode yang diajarkan tidak sesuai sehingga membuat anak kesulitan menyerap informasi pelajaran secara utuh, dan dapat menyebabkan anak kehilangan minat belajar. Gaya belajar dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, Visual (melihat objek/gambar), Auditori (mendengar suara), dan Kinestetik (gerakan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar anak usia 11-18 tahun selama pandemic Covid-19. Untuk itu diperlukan aplikasi yang dapat membantu orangtua untuk mengenali, dan menentukan gaya belajar anak. Aplikasi dibuat menggunakan Bahasa pemrograman PHP, dan MySQL. Uji coba aplikasi dilakukan menggunakan metode blackbox dengan hasil 100%, dan hasil pengujian pengguna yang dilakukan oleh 10 responden rata-rata adalah 89 %, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi layak pakai.
Keywords
References
B. DePorter and M. Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa, 1999.
E. A. Tomuletiu, A. Moraru, B. Gorea and A. M. Slev, "The relation between pupils' learning style and educational performance," Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2011.
C. Iurea, I. Neacsu and C. G. Safta, "The Study of the Relation between the Teaching Methods and the Learning Styles – The Impact upon the Students’ Academic Conduct," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 11, 2011.
A. L. Bire, U. Geradus and J. Bire, "Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa," Jurnal Kependidikan , Vols. 44, Nomor 2, pp. 168-174, 2014.
H. B. Uno, Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
Daryanto and T. Rachmawati, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik, Gava Media, 2015.
B. Prashnig, Learning Styles in Action, Network Continuum, 2006.
M. Chatib, Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2014.
D. K. Sari, E. Banowati and E. Purwanti, "The Effect of Problem-Based Learning Model Increase The Creative Thinking," Journal of Primary Education Universitas Negeri Semarang, 2018.
W. Supartini and Hindarto, "Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosis Dini Penyakit Tuberkulosis di JawaTimur," Kinetik, vol. 1, pp. 147-154, 2016.
R. Mujiastuti, A. Abdussani and Y. Adharani, "SISTEM PAKAR UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING," in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah , Jakarta, 2018.
T. G. Laksana and D. I. Permata, "Identifikasi Kepribadian Siswa Melalui Penerapan Sistem Pakar Dengan Teknik Forward Chaining," in Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), Denpasar - Bali, 2016.
F. H. Purwanto, Ardiansyah, K. Wicaksono and Kusrini, "SISTEM PAKAR PENENTUAN BAKAT ANAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia Universitas AMIKOM , Yogyakarta, 2018.
R. Soewono, R. Gernowo and P. S.
Sasongko, "Sistem Pakar Identifikasi Modalitas Belajar Siswa Dengan Implementasi Algoritma C4.5," Jurnal sistem informasi bisnis, vol. 1, 2014.
W. Verina, "Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT," JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 1 No 2, 2015.
A. Purwanto, R. Pramono, M. Asbari, P. B. Santoso, L. M. Wijayanti, C. C. Hyun and R. S. Putri, "Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar," EduPsyCouns, vol. 2, 2020.
L. P. Aditasari, M. Novita and R. R. Waliyansyah, "Sistem Pakar Penentuan Gaya Belajar Siswa dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web," IT Journal Reseacrh and Development (ITJRD), vol. 5, pp. 32-44, 2020.
S. Kusumadewi, Artificial intelligence (teknik dan aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.