PENGARUH PENGGUNAAN BLENDED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP NILAI AKADEMIK MAHASISWA
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
E- learning ialah sesuatu metode pendidikan baru yang menggunakan teknologi internet memakai aplikasi yang biasa disebut Learning Management System (LMS). Tata cara pendidikan Fisika dengan tata cara konvensional dirasa kurang efisien untuk meningkatkan nilai akademik mahasiswa, sehingga butuh diujikan metode lain untuk menaikkan nilai akademik mahasiswa. Salah satunya merupakan tata cara blended learning dengan cara memadukan tata cara konvensional dengan menggunakan aplikasi Moodle. Tujuan dari riset ini merupakan menguji seberapa efisien pemakaian LMS terutama Moodle dalam pendidikan dan pengajaran Fisika memakai tata cara blended learning, supaya didapat tata cara yang lebih baik serta lebih efisien sehingga nilai mahasiswa bisa naik atau meningkat. Tata cara yang digunakan dalam riset ini merupakan tata cara kuasi eksperimen dengan desain pretest serta posttest. Desain riset ini memakai One- Group Pretest- Posttest Design dengan bantuan SPSS 21. 0, didapat kenaikan nilai akademik dalam mata kuliah Fisika cukup signifikan jika melihat hasil uji independent sample t- test. Tidak hanya itu, didapat hasil dimana pemakaian tata cara blended learning sangat efisien dengan nilai N- Gain sangat besar mendekati 1 (0,96) sedangkan nilai N- Gain tata cara konvensional memiliki keefektifan yang sedang (0,63) dalam meningkatkan nilai akademik mahasiswa.
Keywords
References
J. Muller, “Number of internet users in Indonesia from 2015 to 2025(in millions), “ statista.com, Maret 2020. [Daring]. Available: https://www.statista.com/statistics/254456/number-of-internet-users-in-indonesia/). [Diakses: 12 April 2020].
Pergola, T. M., Walters, L. M. “Evaluating Web-Based Learning Systems.,” Journal of Instructional Pedagogies, no 5. 2011.
Bath, D., Bourke, J, “Getting Started with Blended Learning,” Queensland: Griffith University. 2010. [Daring] Retrieved from http://tdu.nmmu.ac.za/Blended-Learning. [Diakses: 10 April 2020].
Martin, M.O. dan Mullis, I.V.S, Relationships Among Reading, Mathematics, and Science Achievement at the Fourth Grade—Implications for Early Learning, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College, 2012. [E-book] Available: http://timss.bc.edu/timss2011/release.html
Ellianawati, Wahyuni. S, “Development of Self Regulated Learning Mathematics Physics Teaching Materials as an Effort to Improve Self-Study Ability”, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 8, hal 33-40, 2012.
Nedelko, Zlatko, “Participants’ Characteristics for E-Learning,” E-leader Krakow, 2008. [Daring]. Available: https://www.researchgate.net/publication/242561535_E-literature_in_E-learning. [Diakses: 12 April 2020].
Ghahari dan Golesan, “The Effect of Blended Learning vs Classroom Learning Techniques on Iranian RFL Learners Writing,” International Journal of Foreign Language Teaching & Research, vol 1-issue 3- Spring, Sep., hal 77 – 86, 2013.
Eryilmaz. “The Effectiveness of Blended Learning Environtments,” Contemporary Issues in Education Research-4 th Quarter, vol 8, no. 4, hal 251 – 256, 2015.
Harahap, S., H., “Pemanfaatan E-Learning Berbasis LCMS Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi,” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis vol 15 no.1, hal 86 – 99, 2015.
Muyaroah, S., “Efektifitas E-Learning Dengan Aplikasi Moodle pada Mata Kuliah Penelitian Pengembangan Program Studi Teknologi Pendidikan,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi vol 19, no. 1, 2019.
Fraenkel, J.R., dan Wallen, N.E., How To Design and Evaluate Research in Education, Sixth Edition. New York: Mc Graw Hill, 2007.
Ruseffendi, E. T., Dasar-Dasar untuk Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito, 2010.
Meltzer, D.E., “The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostics Pretest Scores,”. American Journal of Physics, vol 70 no. 12, hal 1259-1268, 2002.
Singh, G., O ’Donoghue, J., dan Worton, HA, “Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education,” Journal of University Teaching & Learning Practice, vol 2 no. 3, hal 13-24, 2005.