SELF-REGULATED LEARNING DAN STRES AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X DI JAKARTA BARAT
Universitas Mercu Buana
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self-regulated learning dan stres akademik selama pembelajaran daring COVID-19. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 232, yang terdiri dari 81 laki-laki dan 151 perempuan. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala self-regulated learning dan skala stres akademik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-regulated learning dan stres akademik mahasiswa saat pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 di universitas X di Jakarta Barat. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi self-regulated learning maka semakin rendah stres akademik mahasiswa. Hal ini menunjukkan adanya self-regulated learning dan strss akademik saat pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19.
Keywords
References
Ahmad, R. (2010). Pengelolaan pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Arabzabeh, M., Nikdel, F., Kadivar, P., & Kavosin, J. (2012). The relationship of self-regulation and self-efficacy with academic stress in university students. International Journal of Education and Psychology in the Community, 2(2), 102-113.
Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stres among undergraduate students: The case of University of Botswana. Educational Research and Reviews, 4, 63-70.
Bakhsh, M. M., & Sayed, A. (2015). Sources of academic stres: Stres management among regular and executive MBA students. International Journal of Endorsing Health and Science Research, 3(1), 17-22. doi:10.29052/IJEHSR.v3.i1.2015.17-22
Bembenutty, H. (2008). Academic delay of gratification and expectancy value. Personality and Individual Differences, 44(1), 193-202. https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.07.025
Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stres inventory. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1-10
Halan, V. P. (2019) Hubungan antara self-regulated learning dan stress akademik mahasiswa bidikmisi UKWMS. Skripsi (tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. A., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-71. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hudaifah, F. (2020). The role of self-regulated learning in the COVID-19 pandemic era. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 76-84. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.773
Keith, N., Hodapp, V., Schermelleh-Engel, K., & Moosbrugger, H. (2003). Cross-sectional and longitudinal confirmatory factor models for the German test anxiety inventory: A construct validation. Anxiety, Stress and Coping, 16(3), 251-270. Doi: 10.1080/1061580031000095416
Norkasioni, N., & Tamher, S. (2009). Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Panadero. E. (2017). A review of self-regulated learning: Six models and four directions for research. Frontiers in Psychology, 8, 422. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00422
Pintrich, P. R. (2000) The role of goal orientation in self-regulated learning. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of self-regulation (pp. 451-502). Cambridge: Academic Press.
Putri, M. R. E. (2017). Hubungan antara self-regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan) Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Pratiwi, E. W . (2020). Dampak COVID-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8. doi: doi.org/10.21009/PIP.341.1
Priskila, S., & Savira, S. I. (2019). Hubungan antara self-regulated learning dengan stres akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri X Tulungagung dengan sistem full day school. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3), 1-7.
Ramli, N. R., Alavi, M., Mehrinezhad, S. A., & Ahmadi. A. (2018) Academic stres and self-regulation among university students in Malaysia: Mediator role of mindfulness. Journal of Behavioral Science, 8(1), 12. https://doi.org/10.3390/bs8010012
Ruminta, R., Triatri, S., & Muliarsih, H. (2017). Perbedaan regulasi diri belajar pada siswa Sekolah Dasar kelas VI ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 286-294.
Rustam, H. R., & Tentama. F. (2020). Creating academic stress scale and the application for students: Validity and reliability test in psychometrics. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(1), 661-667.
Sari, A. J. (2020). Kendala, dampak, kelebihan serta kelemahan pembelajaran jarak jauh berbasis online. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sulisworo, D., Fitrianawati, M., Maryani, I., Hidayat, S., Agusta, E., & Saputri, W. (2020). Students’ self-regulated learning (SRL) profile dataset measured during COVID-19 mitigation in Yogyakarta, Indonesia. Data in Brief, 33. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020 .106422
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik mahasiswa reguler program studi DIII Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173-189.
Tekeng, N. Y. (2015). Belajar berdasar regulasi diri dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Lentera Pendidikan, 18(1), 82-94. doi: 10.24252/lp.2015v18n1a7
Wargadinata, A., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s responses on learning in the early COVID-19 pandemic. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tabbiyah, 5(1), 141-153.
Program Studi Psikologi