Page Header Logo

INFORMATIKA KEDOKTERAN : JURNAL ILMIAH

ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA JAKARTA TAHUN 2016

Miftahudin Miftahudin

Abstract

Manajemen farmasi sebagai subsistem rumah sakit sangat penting karena merupakan  pelayanan  penunjang  sekaligus  sumber pendapatan utama.  Instalasi Farmasi RSU UKI Jakarta menyelenggarakan pelayanan resep rawat jalan, mengalami peningkatan  jumlah kunjungan sehingga terjadi   penumpukan resep bahkan terjadi  obat tidak diambil hingga keesokan harinya. Namun belum diketahui faktor penyebab lamanya waktu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan, melihat hubungan antara jenis resep, jumlah item, jumlah resep dalam shift, dan ketersediaan obat dan faktor yang paling dominan berhubungan dengan waktu pelayanan. dengan sampel penelitian 125 resep dan menggunakan disain kuantitatif, observasional, pendekatan studi waktu gerak. Hasil didapatkan waktu rata-rata pengambilan obat jadi 35 menit dan racikan 59 menit. waktu pengambilan obat shift pagi, jumlah resep yang banyak dalam shift waktu pelayanan pegambilan obat di Instalasi farmasi lebih lama (50,6%) sedangkan jumlah resep yang sedikit dalam shift waktu pelayanan pengambilan obat lebih cepat (70,5%). Ananlisis bivariat menunjukan hanya variabel jumlah resep dalam shift yang terbukti berhubungan dengan waktu pelayanan, analisis multivariate didapat variable yang paling dominan berhubungan dengan waktu tunggu pelayanan pengambilan obat adalah jumlah resep dalam shift.

Keywords

Pelayanan Farmasi, Resep, Waktu Tunggu

Full Text:

PDF

References

Trisnantoro, L. (2009. Memahami penggunaan ilmu ekonomi dalam manajemen rumah sakit (cetakan keempat). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Supriyanto, S. dan Wulandari, R. D. (2011). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Surabaya: Pohon Cahaya.

Tjiptono, F. (2011). Service, quality, & satisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Muninjaya, G. A. A. (2014). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: EGC.

Azwar, A. (1996). Pengantar administrasi kesehatan, (Edisi ketiga). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Nawawi, H. (2008). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.

Hasibuan, S. P. M. (2006). Manajemen sumber daya manusia. (Edisi revisi). Jakarta: PT. Bumi Akasara.

Widiasari, E. (2009). Analisis waktu pelayanan resep di instalasi farmasi rawat jalan rumah sakit Tugu Ibu Depok tahun 2009. Skripsi. Program sarjana kesehatan masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Tando, N. M. (2013). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Jakarta, In Media,International Labour Office. (1986). Penelitian kerja dan produktivitas. Penerjemah Wetik, J.L. (cetaka Ketiga). Jakarta: Erlangga.

Ilyas, Y. (2004). Perencanaan sumber daya manusia rumah sakit: teori, metode dan formula. (cetakan kedua). Jakarta: FKM Universitas Indonesia.

Henry, N, C et all, Factor Influancing Waiting Time In Outpatient Pharmachy Of Lagos University Teaching Hospital, International Reaserch Journal Of Pharmacy 2011 2(10): 22 – 26.

Ummah, A.R. dan Supriyanto, S. Analisis mutu pelayanan kesehatan berdasarkan dimensi dabholkar di paviliun mina rumah sakit Siti Khodijah Sepanjang. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 1(1). Januari-Maret 2014.

Herman, J. M.,dkk. Kajian praktik kefarmasian apoteker pada tatanan rumah sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional 7(8). Maret 2013.

Suripto, D.A. Gambaran pengetahuan, masa kerja petugas dan waktu tunggu pasien rawat jalan di instalasi farmasi rsud surakarta tahun 2013. Artikel publikasi ilmiah. 2013.

Tjiptono, dkk. (2005). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Wongkar, L. (2000). Analisis waktu pelayanan pengambilan obat di apotek kimia farma kota Pontianak tahun 2000.Tesis. Program studi kajian administrasi rumah sakit Universitas Indonesia. Depok.

Yulia, Y. (1996). Analisis alokasi waktu kerja dan hubungannya dengan kualitas pelayanan resep di instalasi farmasi RSU PMI Bogor1996. Tesis. FKM-UI. Depok.

Ritung, M.(2003). Lama Waktu Pelayanan Resep Racikan Khusus Hari Sabtu di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSIA Hermina Bekasi Tahun 2003. FKM-UI. Depok

Nurhayati, T., dkk. Analisis faktor – faktor yang berkaitan dengan waktu pelayanan obat pasien umum rawat jalan di instalasi farmasi rsud dr. R. Goeteng taroenadibrata purbalingga tahun 2013. Jurnal kesehatan kusuma husada 2 (1) Agustus 2014.

Levy, P. S. Lamesho, S. (1999). Sampling of Population: Methodes and application. In R. M Groves, G Kalton, J. N. K. Rao, N. Schwartz & C. Skinner (Eds).

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan, (Ed: Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

WHO.int [homepage on the Internet]. Geneva: Department of Health Service Provision, Inc.; c2000-01 [updated 2003 January; cited 2016 June 16]. Availablefrom: http://www.who.int/hrh/documents/en/quality_accreditation.pdf.

Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia. 2009. Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah Sakit. 28 Oktober 2009. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 153. Jakarta.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK.X/2004 tentang standar pelayanan farmasi di rumah sakit. 19 Oktober 2004. Jakarta.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar Pelayanan Miniml Rumah Sakit. 6 Februari 2008. Jakarta.

Rumah sakit umum Universitas Kristen Indonesia. (2015). Laporan tahunan pelayanan kesehatan RSU UKI 2015. RSU UKI. Jakarta.

Article Metrics

Article view : 4849 times
PDF : 3805 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.