PARADOKS PRIVASI: ONLINE SELF-DISCLOSURE DITINJAU DARI PRIVACY CONCERN PADA PENGGUNA INSTAGRAM USIA EMERGING ADULTHOOD

Paujiatul Arifah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Intaglia Harsanti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Media sosial merupakan platform untuk dapat menampilkan diri dan berbagi informasi diri dengan orang lain. Membagikan informasi diri yang tidak mengenal batasan kemudian dapat menimbulkan masalah pada pengguna berupa risiko terhadap privasi diri yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari privacy concern terhadap online self-disclosure pada pengguna media sosial Instagram usia emerging adulthood. Penelitian ini menggunakan teori Johari Window untuk menjelaskan online self-disclosure dan teori manajemen privasi komunikasi untuk privacy concern. Partisipan dalam penelitian  berjumlah 230 partisipan terdiri dari 150 wanita dan 80 pria. Partisipan berada pada rentang usia emerging adulthood yaitu usia 18 – 24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara privacy concern dan online self-disclosure, hal ini menunjukkan bahwa kesadaran partisipan terhadap batasan privasi bukan menjadi alasan utama partisipan untuk mengatur online self-disclosure mereka. Hal tersebut menjelaskan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini yang mendapatkan hasil bahwa privacy concern memiliki pengaruh terhadap online self-disclosure pada pengguna media sosial Instagram usia emerging adulthood namun dalam kategori lemah. Terdapat faktor-faktor dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dapat menjadi saran dalam penelitian selanjutnya.

Keywords
Emerging Adulthood; Online self-Disclosure; Privacy Concern
References

Acquisti, A. (2008). Identity Management, Privacy, and Price Discrimination. IEEE Security Privacy, 6(2), 46–50. https://ssrn.com/abstract=3305361

Arnett, J. J. (2018). Adolescence and Emerging Adulthood: A Cultural Approach Sixth Edition. Pearson Education.

Desjarlais, M. (2019). The Psychology and Dynamics Behind Social Media Interactions. IGI Global Information Science Reference.

Digital Information World. (2023). Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World. Digital Information World. https://www.digitalinformationworld.com/2018/07/global-internet-stats-infographic.html

Gruzd, A., & García, A. H. (2018). Privacy Concerns and Self-Disclosure in Private and Public Use of Social Media. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 21(7), 418–428. DOI: 10.1089/cyber.2017.0709

Jia, H., & Xu, H. (2016). Measuring individuals’ concerns over collective privacy on social networking sites. Cyberpsychology: Journal of Psychosocial Research on Cyberspace, 10(1), 1–4. doi: 10.5817/CP2016-1-4

Joinson, A. N., McKenna, K. Y. A., Postmes, T., & Reips, U.-D. (2007). The Oxford Handbook of Internet Psychology. Oxford University Press.

Joinson, A. N., Reips, U. -D., Buchanan, T., & Schofield, C. B. (2010). Privacy, Trust, and Self-Disclosure Online. Human- Computer Interaction, 25(2010), 1-24. https://dx.doi.org/10.1080/07370020903586662

Masur, P. K. (2017). Situational Privacy and Self-Disclosure: Communication Processes in Online Environments. Springer International Publishing AG.

McCullagh, K. (2008). Blogging: Self Presentation and Privacy. Information & Communication Law, 17(1). https://doi.org/10.1080/13600830801886984

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Kencana.

Ramadhan, D. I. (2021, December 7). Rampok Incar Selebritas Pamer Harta di Medsos, Siapa Targetnya? Detik.Com. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5844387/rampok-incar-selebritas-pamer-harta-di-medsos-siapa-targetnya

Reinecke, L., & Oliver, M. B. (2017). The Routledge Handbook of Media Use and Well-Being: Internatonal Perspective Theory and Research on Positive Media Effects. Routledge.

Robinson, S. C. (2017). Self-Disclosure and Managing Privacy: Implications for Interpersonal and Online Communication for Consumers and Marketers. Journal of Internet Commerce, 16(4), 385-404. DOI: 10.1080/15332861.2017.1402637

Setyaningsih, R. (2016). Memahami Hubungan Kebutuhan untuk Populer dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) pada Pengguna Facebook: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Psikologi Proyeksi, 11(1). http://dx.doi.org/10.30659/jp.11.1.93-104

West, R. L., & Turner, L. H. (2019). Interpersonal Communication (4th ed.). Sage.

Yang, L., & Tan, B. C. Y. (2012). Self-Disclosure on Onlilne Social Networks: Motives, Context Feature, and Media Capabilities. International Conference on Interaction Science.

Zhang. R, & Fu, J. S. (2020). Privacy Management and Self-Disclosure on Social Network Sites: The Moderating Effects of Stress and Gender. Journal of Computer-Mediated Communication, 25(3), 236–251. https://doi.org/10.1093/jcmc/zmaa004

Zlatolas, L. N, Welzer, T., Hölbl, M., Heričko, M. & Kamišalić. (2019). A Model of Perception of Privacy, Trust, and Self-Disclosure on Online Social Network. Entropy, 21(772), 1 -18. doi:10.3390/e2108077

Information
PDF
809 times PDF : 813 times